Kompas.com - 27/07/2020, 17:01 WIB
Ilustrasi dua biawak berpelukan. Aksi ini dilakukan biawak jantan untuk memperebutkan biawak betina, maupun mempertahankan teritori. Biawak air atau Varanus salvator, disebut juga Asian Water Monitor, jenis reptil yang tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. SHUTTERSTOCK/CHAIYACHET LIMKANJANAIlustrasi dua biawak berpelukan. Aksi ini dilakukan biawak jantan untuk memperebutkan biawak betina, maupun mempertahankan teritori. Biawak air atau Varanus salvator, disebut juga Asian Water Monitor, jenis reptil yang tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.


KOMPAS.com - Video biawak berpelukan ramai menjadi candaan dan perbincangan hangat warganet di media sosial. Bahkan, fenomena viral ini sudah cukup sering terjadi.

Sebuah video diunggah salah satu pengguna situs jejaring sosial Facebook, Kementerian Humor Indonesia.

Video singkat berdurasi 21 detik itu menunjukkan dua ekor reptil biawak air ini tampak sedang berpelukan.

Lantas, benarkah dua biawak ini sedang bermesraan?

Baca juga: Biawak Sepanjang 2 Meter Meneror Sebuah Keluarga di Florida

Peneliti Herpetofauna Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Evy Ayu Arida mengatakan, spesies biawak yang berukuran besar, seperti juga komodo, memiliki keunikan dan kekhasan dalam bertarung.

Beberapa reptil ini terkadang bertarung dengan saling menggigit, tetapi ada juga yang saling adu otot dada.

"Nah, yang melihat mereka seolah-olah sedang berpelukan (dalam video)," kata Evy saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/7/2020).

Baca juga: Selain Badak dan Gajah, Biawak Asli Indonesia Ini Juga Terancam Punah

Evy menjelaskan, dalam video viral itu, kedua biawak yang seakan sedang berpelukan itu menunjukkan sepasang tungkai depannya melemas, atau tidak kaku ke samping kiri dan kanan.

"Jadi sebenarnya biawak-biawak jantan itu meninggikan badan dan saling beradu otot dada," ungkap ahli zoologi yang meneliti reptil dan amfibi atau herpetofauna ini.

Lebih lanjut, Evy mengatakan, biawak air dengan nama Latin Varanus salvator itu sedang menunjukkan pertarungan seperti tinju manusia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X