Kompas.com - 20/09/2022, 20:02 WIB


KOMPAS.com - Meksiko diguncang gempa besar M 7,6, Selasa (20/9/2022) dini hari pukul 01.05 WIB, atau Senin (19/9/2022) pukul 13.05 waktu setempat. Tercatat sejarah gempa Meksiko berkekuatan hingga M 8,0 juga pernah terjadi pada 19 September 1985 yang menewaskan 10.000 orang.

Gempa Meksiko hari ini berpusat di lepas pantai La Placita de Morelos. Gempa kuat M 7,6 terjadi saat peringatan dua gempa dahsyat yang sebelumnya juga pernah melanda Meksiko.

Gempa hari ini di Meksiko, dikutip dari The Guardian, berlokasi di kota La Placita de Morelos, negara bagian Michoacan di kedalaman 15 Km.

Dilaporkan satu orang tewas akibat gempa Meksiko tersebut, serta sejumlah gedung mengalami retak.

Sistem Peringatan Tsunami Amerika Serikat juga mengumumkan adanya risiko tsunami setelah gempa besar Meksiko M 7,6 di dekat pantai. Sebuah rekaman video pun menunjukkan banjir di kota Manzanillo.

Baca juga: Sejarah Gempa Taiwan yang Merusak dan Tewaskan Ribuan Orang

Sejarah gempa besar Meksiko terjadi di bulan yang sama

Tepat lima tahun lalu, gempa Meksiko dengan kekuatan magnitudo yang besar juga pernah terjadi dan menewaskan 370 orang, serta menyebabkan kerusakan parah di bagian tengah dan selatan Meksiko.

Di tanggal yang sama 19 September 1985 silam, Meksiko tercatat pernah mengalami gempa bumi besar berkekuatan M 8,1, dikutip dari History, Selasa (20/9/2022).

Sejarah gempa Meksiko yang dahsyat ini melanda Mexico City dan menyebabkan 10.000 orang tewas, 30.000 orang terluka dan ribuan orang lainnya kehilangan tempat tinggal.

Gempa Meksiko 1985 lalu terjadi pukul 07.18 pagi. Berkekuatan M 8,1, menjadi gempa bumi terkuat yang pernah tercatat melanda daerah tersebut.

Sejarah gempa Meksiko 19 September 1985 tersebut menyebabkan dampak yang sangat merugikan, bahkan kekuatan gempa bumi ini sangat menghancurkan, sebab jenis tanah di kota Meksiko tidak stabil karena berada di dataran tinggi yang dikelilingi pegunungan dan gunung berapi.

Baca juga: Sejarah Gempa Filipina di Zona Megathrust yang Guncangan hingga Indonesia

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.