Kompas.com - 16/08/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Suatu saat bila penjelajah akhirnya tiba di planet lain, tentunya membutuhkan infrastruktur pendukung seperti landasan pendaratan roket, perumahan, gedung, dan lain-lain.

Namun, ke mana akan mencari bahan-bahan konstruksi itu di luar angkasa?

"Jika kita akan tinggal dan bekerja di planet lain seperti Mars atau Bulan, kita perlu membuat beton. Tapi kita tentunya tak bisa membawa beton-beton itu dari Bumi. Kita perlu menggunakan sumber daya lokal," kata Norman Wagner, dari University of Delaware.

Dikutip dari Phys, Selasa (16/8/2022) tantangan itu membuat peneliti mengeksplorasi cara untuk menggunakan bahan tanah lapisan atas, seperti tanah liat dari Bulan atau Mars sebagai bahan dasar untuk semen luar angkasa.

Baca juga: Akankah Kita Melihat Pemandangan Semesta Penuh Warna Saat Terbang ke Luar Angkasa?

Salah satu persyaratan untuk bahan konstruksi yang luar biasa ini adalah bahan tersebut harus cukup tahan lama untuk landasan peluncuran vertikal yang diperlukan untuk melindungi roket dari batu yang berputar, debu, dan puing-puing lainnya selama lepas landat atau mendarat.

Tim peneliti pun saat ini tengah mencoba, mengatasi permasalah bahan baku dan berhasil mengubah simulasi tanah Bulan dan Mars menjadi semen geopolimer. Semen tersebut dianggap sebagai pengganti yang baik dari semen konvensional.

Peneliti menyebut semen geopolimer membutuhkan lebih sedikit air daripada semen tradisional, sehingga menjadi nilai tambah jika digunakan di lingkungan terbatas air yang gersang di luar angkasa.

Geopolimer sendiri merupakan polimer anorganik yang terbentuk dari mineral aluminosilikat yang ditemukan di tanah liat umum di manapun.

Ketika dicampur dengan pelarut yang memiliki pH tinggi, seperti natrium silikat, tanah liat kemudian dapat larut dan membebaskan aluminium dan silikon di dalamnya untuk bereaksi dengan bahan lain serta membentuk struktur baru seperti semen.

Baca juga: Struktur Buatan Manusia Apa yang Dapat Dilihat dari Luar Angkasa?

Halaman:
Sumber PHYSORG
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.