Kompas.com - 16/08/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Kemunculan bunga bangkai di Kampung Kedung Ringin, Desa Sukaringin, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Senin (15/8/2022), menghebohkan warga sekitar.

Bunga yang mengeluarkan bau tidak sedap, ditemukan tumbuh di tanah tumpukan lumpur hasil normalisasi di Kali Cikarang.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, bungai bangkai yang menghebohkan warga Bekasi ini merupakan bunga suweg, salah satu anggota bunga bangkai.

“Betul itu suweg. Nama ilmiahnya Amorphophallus paeoniifolius,” ujar Peneliti Araceae Bunga Bangkai Pusat Penelitian Tumbuhan Kebun Raya Bogor Dra. Yuzammi, M.Sc saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/8/2022).

Baca juga: Bunga Bangkai Tumbuh di Cipete Selatan, Ahli: Itu Tidak Termasuk Tanaman Langka

Menurut dia, suweg bukanlah jenis bunga langka. Bunga suweg bisa tumbuh di mana-mana di seluruh Indonesia.

Sebenarnya tidak semua bunga bangkai selalu mengeluarkan bau, namun bau bangkai yang keluar dari suweg dikarenakan saat itu bunga betina tengah mekar dan siap untuk menerima polen dari bunga jantan.

Dalam proses terjadinya pembuahan ini, dibutuhkan serangga atau lalat hijau. Sehingga untuk mendatangkannya, maka diperukan bau menyengat seperti bau bangkai.

Baca juga: Bunga Bangkai Langka Asli Indonesia Mekar di Kebun Raya Bogor

Bunga bangkai setinggi 2,89 meter mekar sempurna di Kebun Raya Cibodas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (13/10/2021).KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Bunga bangkai setinggi 2,89 meter mekar sempurna di Kebun Raya Cibodas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (13/10/2021).
Cara membedakan bungai bangkai dengan suweg

Yuzammi menambahkan, bunga suweg dapat bertahan hidup dalam waktu maksimal satu pekan. Selain itu, suweg bisa tumbuh dengan ukuran cukup besar.

“Yang pernah saya tahu ada yang tingginya mencapai 1 meter lebih, tapi tetap tidak bisa menyaingi bunga bangkai titanum,” jelasnya.

Untuk membedakan bunga suweg dengan bunga bangkai titanum, terlihat melalui perawakan dan besar ukuran bunganya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.