Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Berencana Kirim Ilustrasi Tubuh Manusia ke Luar Angkasa, Untuk Apa?

Kompas.com - 09/05/2022, 08:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Peneliti luar angkasa berencana mengirim pesan ke alien, termasuk di dalamnya adalah ilustrasi manusia telanjang.

Rencana yang disampaikan dalam proposal berjudul 'A Beacon in the Galaxy' (BITG) tersebut dipresentasikan oleh 11 peneliti dari berbagai institusi, termasuk NASA Jet Propulsion Laboratory.

Seperti dikutip dari CNN, Minggu (8/5/2022) pesan berupa kode biner itu memang khusus dikembangkan untuk kecerdasan luar angkasa di galaksi Bima Sakti. Pesan akan mencakup konsep-konsep ilmiah, salah satunya adalah bentuk tubuh manusia.

Para ilmuwan merekomendasikan bahwa pesan akan dikirim melalui FAST Observable Field, teleskop radio terbesar di dunia yang terletak di Pingtang, Guizhou, China.

Baca juga: Sampai Mana Batas antara Bumi dan Luar Angkasa? Ini Kata Ahli

Pesan yang akan dikirim ini akan melengkapi pesan yang sudah dikirim sebelumnya ke luar angkasa, terutama pesan Arecibo yang merupakan pesan radio antarbintang yang dikirim ke gugus bintang globular M13 pada tahun 1974.

NASA sendiri sebelumnya juga telah mengirim pesan berisi aspek kemanusiaan ke luar angkasa yang disebut Misi Lucy 2021.

Di dalamnya terdapat puisi dari Amanda Gorman, lirik dan kutipan dari The Beatles, dan fosil nenek moyang manusia purba Lucy. Misi itu dibawa ke luar angkasa untuk mencerminkan budaya manusia.

Sementara itu pada proposal BITG, pesan yang ingin dikimkan ke luar angkasa berfokus pada konsep-konsep yang mungkin lebih dapat dibaca oleh para alien (ETI), yakni matematika dan fisika.

"Biner kemungkinan bersifat universal di semua kecerdasan. Oleh karena itu pesan dikodekan dalam bahasa biner nol yang digunakan dalam sistem komputasi," ungkap para peneliti.

Pesan tersebut mencakup stempel waktu, stempel lokasi, representasi visual dari struktur heliks ganda DNA dan atom hidrogen, penjelasan visual aljabar dan operasi matematika.

Baca juga: Bisakah Teleskop Luar Angkasa James Webb Deteksi Kehidupan Alien?

Selain itu juga peneliti bakal mengirmkan ilustrasi tata surya, peta bumi, dan tentu saja ilustrasi tubuh manusia (laki-laki dan perempuan) yang sedang melambaikan tangan.

"Informasi ini sebagai bagian pengenalan penampilan kami jika suatu hari nanti bertemu secara fisik," jelas peneliti.

Dengan kata lain, alien mungkin ingin melihat seperti apa rupa manusia, sama seperti kita ingin tahu apakah alien merupakan mahluk berwarna hijau dengan mata seperti serangga atau tidak.

Pesan lantas ditutup dengan undangan bagi mahluk luar angkasa untuk meresponx menggunakan peralatan teleskop radio mereka sendiri.

"Pesannya sederhana namun bermakna dengan tujuan akhir untuk memulai dialog dengan ETI, tak peduli seberapa jauh hal itu mungkin terjadi di masa depan," ungkap para peneliti.

Baca juga: Manusia Berlomba-lomba Mencari Alien, Apakah Alien Mau Mengontak Kita?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com