Ilmuwan Ungkap Tempat Terdingin di Luar Angkasa, di Mana Itu?

Kompas.com - 17/04/2022, 20:01 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Luar angkasa adalah tempat dengan suhu yang sangat dingin. Suhu dasar luar angkasa dikatakan bisa mencapai minus 270,45 derajat Celcius, sementara beberapa area di sana juga memiliki suhu hingga tiga kali lebih dingin daripada di Antartika.

Terdapat sejumlah area yang disebut ruang kosong di luar angkasa, meskipun sebenarnya tidak kosong dan jauh lebih dingin daripada planet, Bulan, atau asteroid.

Kondisi ini disebabkan karena tempat tersebut tidak menyerap energi dari Matahari, seperti yang dilakukan oleh Bumi maupun objek lainnya.

Baca juga: Dampak Roket Jatuh di Bulan, Eksperimen Fisika Jelaskan Tumbukan di Luar Angkasa

Lantas, di manakah tempat terdingin di luar angkasa?

Dilansir dari Live Science, Sabtu (16/4/2022) Lunar Reconnaissance Orbiter, pesawat ruang angkasa robotik NASA menunjukkan, "kawah bayangan" di Kutub Selatan Bulan kemungkinan merupakan tempat terdingin di luar angkasa.

Adapun data itu didapatkan dari pengamatan Lunar Reconnaissance Orbiter di tahun 2009 silam.

Hal ini juga diperkuat oleh peneliti planet dari University of Arizona, Patrick O'Brien dan rekannya Shane Byrne, yang menyebutkan bahwa tempat terdingin di luar angkasa adalah kawah tersebut.

Keduanya menjelaskan, kawah bayangan di Bulan diperkirakan memiliki suhu sekitar minus 248,15 derajat Celcius, namun bisa lebih dingin dari perkiraan.

"Saya yakin ini adalah suhu terdingin di Tata Surya bagian dalam (dari Merkurius ke Mars) dan juga lebih dingin dari perkiraan suhu permukaan rata-rata Pluto," ujar profesor ilmu planet dan astrobiologi di Birkbeck, University of London, Ian Crawford.

Dalam studinya, O'Brien dan Byrne menuliskan, bahwa kawah itu memiliki pelindung yang kaya akan karbon dioksida, karbon monoksida, nitrogen, dan argon agar tidak terpapar Matahari.

Sementara itu, profesor astronomi di University of Warwick di Inggris, Don Pollacco memaparkan bahwa kawah dengan berbayangan ganda, memiliki tepian yang cukup tinggi.

Sehingga sinar Matahari tidak pernah mencapai dasarnya, itulah sebabnya area ini sangat dingin.