Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astronot NASA dan ESA Kembali ke Bumi Usai Jalani Misi 6 Bulan di Luar Angkasa

Kompas.com - 08/05/2022, 17:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Aljazeera

KOMPAS.com - Empat astronot dalam tim penerbangan antariksa menggunakan kapsul SpaceX Crew Dragon, berhasil mendarat di Bumi dengan selamat.

Keempatnya kembali setelah enam bulan menjalani misi, yang diluncurkan SpaceX ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Pesawat luar angkasa yang membawa para astronot itu, mendarat di Teluk Meksiko di lepas pantai Florida pada pukul 00.43 waktu setempat.

Hal ini sekaligus mengakhiri penelitian di orbit selama berbulan-bulan, mulai dari cabai yang ditanam di luar angkasa hingga pengembangan robot.

Baca juga: 4 Astronot Swasta Misi Ax-1 Berhasil Kembali Mendarat di Bumi

Dilansir dari AlJazeera, Jumat (6/5/2022) dari keempat astronot yang telah menjalankan misi luar angkasa tersebut, tiga di antaranya adalah dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Sedangkan, satu orang lainnya merupakan astronot Jerman di Badan Antariksa Eropa (ESA). Mereka disebut sebagai kru 3 atau crew 3 yang telah melakukan misi ke luar angkasa selama enam bulan.

Pada hari Jumat, mereka melakukan perjalanan dari ISS menggunakan SpaceX Crew Dragon, setidaknya selama 23 jam lebih. Adapun kru tersebut menjalankan misi luar angkasa pada 11 November 2021 lalu.

NASA bahkan mengunggah video melalui akun Twitter-nya, dan memperlihatkan sebuah kapsul yang mendarat di air dan mengapung.

Para tim yang ditunjuk untuk menjemput para astronot membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mencapai kapsul yang terombang-ambing di air.

Kemudian, mereka mengangkatnya ke dek kapal dan membukanya agar astronot bisa menghirup udara segar.

"Dragon telah berhasil pulang dengan selamat dengan kargo berharga: empat astronaut #Crew3! Sekarang mereka menunggu kendaraan pemulihan, yang dinamai Shannon Walker, spesialis misi untuk kru pertama," tulis NASA dalam unggahannya.

Komandan penerbangan luar angkasa dari NASA, Raja Chari mengakui perjalanan selama enam bulan di ISS sangat berkesan baginya.

Baca juga: Astronot China Kembali ke Bumi Usai Jalani Misi Selama 6 Bulan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com