Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyaris Setahun di Luar Angkasa, Astronot Mark Vande Hei Kembali ke Bumi

Kompas.com - 01/04/2022, 17:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Astronot NASA Mark Vande Hei akhirnya kembali ke Bumi, setelah hampir setahun menjalankan misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Misi yang ia jalankan ini memecahkan rekor sebagai misi tunggal terpanjang yang pernah dilakukan oleh astronot Amerika berturut-turut selama 355 hari di luar angkasa.

Rekor tersebut memecahkan rekor astronot NASA sebelumnya Scott Kelly yang berada di ISS selama 340 hari.

Dan akhirnya, Kamis (30/3/2022) waktu setempat Vande Hei mendarat dengan selamat di atas kapsul Soyuz Rusia di padang rumput Kazakhstan bersama rekan Rusia-nya Anton Shkaplerov dan Pyotr Dubrov. Ketiganya tiba dalam keadaan sehat.

Baca juga: 6 Bulan di Luar Angkasa, 3 Astronot Kembali ke Bumi

Astronot Mark Vande Hei kembali ke Bumi bersama kosmonot Rusia yang mendarat selamat setelah melakukan misi di luar angkasa, mereka pun kemudian dibawa tenaga medis dan diterbangkan dengan helikopter ke Karaganda.

Dari sana, Vande Hei akan terbang ke Houston, Texas dengan pesawat jet NASA. Selanjutnya, ia akan memulihkan diri setelah menjalani misi panjang tersebut.

Astronot Mark Vande Hei bersama dua kosmonot dari Rusia, Anton Shkaplerov dan Pyotr Dubrov, di dalam kapsul Soyuz akhirnya kembali ke Bumi. Vande Hei pecahkan rekor astronot terlama di luar angkasa.
NASA/Bill Ingalls via SCIENCE ALERT Astronot Mark Vande Hei bersama dua kosmonot dari Rusia, Anton Shkaplerov dan Pyotr Dubrov, di dalam kapsul Soyuz akhirnya kembali ke Bumi. Vande Hei pecahkan rekor astronot terlama di luar angkasa.

Wakil Presiden AS Kamala Harris pun turut membagikan ucapan selamat pada Vande Hei atas pencapaian bersejarah dan pemecahan rekornya.

"Selamat atas perjalanan bersejarah Anda dan 355 (hari) di luar angkasa. Selamat datang di rumah," tulis Kamala di media sosialnya.

Astronot Vande Hei pun tak kalah antusias untuk membagikan kebahagiannya di sosial media setelah momen pendaratannya di Bumi. Vande Hei pecahkan rekor astronot terlama di luar angkasa usai menyelesaikan misi di ISS selama hampir setahun.

Baca juga: 6 Bulan Tinggal di ISS, Nanti Malam 4 Astronot Crew-2 Mendarat di Bumi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com