Kompas.com - 12/08/2022, 18:05 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, gambar alam semesta penuh warna pertama dari Teleskop Luar Angkasa James Webb telah menghebohkan dunia pada 12 Juli 2022 lalu.

Gambar penuh warna itu menunjukkan hasil tangkapan pemandangan nebula, galaksi, dan planet ekstrasurya gas yang terhitung jumlahnya dan belum pernah terlihat sebelumnya.

Dengan penampakan pemandangan alam semesta yang begitu indah itu, bisakah kita melihatnya saat terbang di ruang angkasa?

Melansir Gizmodo edisi (6/8/2022), pola kerja pengembangan gambar tangkapan teleskop James Webb itu dibuat untuk mengubah data gambar inframerah teleskop menjadi beberapa pandangan paling jelas dari kosmos yang pernah kita miliki.

Baca juga: 5 Foto Berwarna Alam Semesta dari Teleskop Luar Angkasa James Webb

Mereka menetapkan berbagai panjang gelombang inframerah untuk warna pada spektrum yang terlihat, merah, biru, kuning dan lain sebagainya. Foto-foto alam semesta penuh warna ini sudah pernah dirilis oleh teleskop James Webb di sini.

Seorang pengembang gambar data senior di Space Telescope Science Institute, Joe DePasquale mengatakan, jangan pernah bayangkan untuk dapat melihat gambar luar angkasa seindah itu saat nanti terbang ke sana dengan pesawat ruang angkasa.

Hal ini dikarenakan, gambar pemandangan luar angkasa yang indah penuh warna itu merupakan proses pengembangan gambar yang telah dilakukan oleh tim Webb.

“Sesuatu yang saya coba ubah dari pikiran orang adalah berhenti terpaku pada gagasan ‘apakah ini akan terlihat jika saya bisa terbang ke luar sana dengan pesawat ruang angkasa,” kata Joe.

Menurut Joe, kondisi ini sama halnya dengan keadaan kita yang tidak bisa melihat ukuran sel dan virus corona yang sangat kecil.

Selama ini kita hanya bisa bertanya dan melihat penjelasan mengenai wujud sel dan virus corona yang terlihat indah dari para ahli biologi.

Joe meyakini, bahwa foto-foto awal yang di dapatkan bukanlah gambar yang representatif atau sama persis seperti yang telah dirilis.

Baca juga: Teleskop James Webb Rilis Foto Berwarna Pertama Alam Semesta

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.