Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] BMKG Deteksi Siklon Tropis Mulan | Harta Karun di Kapal Karam | Fenomena Supermoon Sturgeon Moon | Vaksin Comirnaty Diizinkan untuk Anak 16-18 Tahun

Kompas.com - 12/08/2022, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Siklon tropis Mulan terdeteksi BMKG di Laut China Selatan, menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Kamis (11/8/2022).

BMKG menyebut bahwa siklon tropis Mulan yang membawa angin dengan kecepatan maksimum 35 knot dan tekanan udara minimum 996 mb ini, berpeluang memengaruhi cuaca di Indonesia.

Sejumlah wilayah di Indonesia diimbau waspada oleh dampak cuaca ekstrem yang dapat disebabkan oleh siklon tropis ini.

Kapal Nuestra Senora de las Maravillas pada 366 tahun lalu, karam di lepas pantai Bahama. Sekelompok tim peneliti menemukan kembali kapal tersebut, dengan banyak harta karun dari berbagai emas dan batuan permata.

Sebelum karam, kapat itu melakukan perjalanan antara Spanyol dan Kolombia pada tahun 1656 untuk mengambil muatan perak.

Fenomena supermoon terakhir di tahun 2022 berlangsung selama dua hari, sejak Kamis (11/8/2022) hingga hari ini, Jumat (12/8/2022). Bulan purnama super atau Sturgeon Moon ini, dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia.

Vaksin comirnaty atau vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer-BioNtech, akhirnya diizinkan untuk digunakan pada anak remaja usia 16-18 tahun.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains, sepanjang Kamis (11/8/2022) hingga Jumat (12/8/2022).

BMKG deteksi siklon tropis Mulan

Siklon tropis Mulan, menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, terpantau di Laut China Selatan dengan kecepatan angin maksimum 35 knot.

Sistem siklon tropis ini bergerak ke arah barat laut dengan intensitas yang persisten dalam 24 jam ke depan.

Guswanto menyebut, sirkulasi siklonik terpantau di perairan timur Filipina yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi), yang memanjang dari perairan selatan hingga timur Filipina.

"Kondisi (akibat adanya siklon tropis Mulan) tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet atau konvergensi tersebut," kata Guswanto dalam keterangan tertulis BMKG, Rabu (10/8/2022).

Adanya faktor pemicu cuaca ekstrem yang disebabkan oleh pertumbuhan siklon tropis Mulan ini, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia.

Cuaca ekstrem berupa hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, berpotensi terjadi pada 11-12 Agustus 2022.

Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem sebagai dampak siklon tropis Mulan yang terdeteksi BMKG di Laut China Selatan. Selengkapnya berita populer Sains ini dapat dibaca di sini.

Baca juga: BMKG Deteksi Siklon Tropis Mulan, Berpotensi Sebabkan Cuaca Ekstrem di Wilayah Berikut

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com