Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gejala Hepatitis Akut Misterius Anak yang Paling Banyak Ditemukan di Indonesia

Kompas.com - 12/07/2022, 17:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Hepatitis akut misterius pada anak adalah penyakit infeksi radang pada organ hati yang tidak disebabkan oleh berbagai jenis virus hepatitis yang ada.

Ada 5 tipe hepatitis yang telah diketahui sebelum hepatitis akut misterius pada anak-anak mulai melanda sebagian negara di dunia, kelima tipe atau jenis tersebut yakni hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan hepatitis E.

Pada kelima tipe penyakit hepatitis yang ada, sudah diketahui secara pasti jalur dan mekanisme transmisi atau penularan, gejala, serta penyebab utama penyakit hepatitis itu terjadi, yakni infeksi virus hepatitis A (HAV), virus hepatitis B (HBV), virus hepatitis C (HCV), virus hepatitis D (HDV) dan virus hepatitis E (HEV).

Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan, meskipun tidka begitu spesifik serupa dengan kelima jenis hepatitis yang sudah ada, dikhawatirkan infeksi hepatitis akut misterius dapat menjadi kronis.

Seperti halnya infeksi hepatitis B, C, dan D yang bisa menyebabkan dampak kesakitan jangka panjang atau kronis.

Hal ini cukup mengkhawatirkan karena 3 dari 4 kasus atau sekitar 75,4 persen pasien yang terinfeksi adalah anak-anak berusia di bawah 5 tahun, berdasarkan data 650 kasus di dunia.

Terlebih lagi, WHO melihat sekitar 22 kasus (14,1 persen) dari 156 kasus infeksi penyakit baru ini harus dirawat di ruang ICU. Kemudian, 14 dari 1117 kasus (12 persen) pasien anak yang terinfeksi harus membutuhkan tindakan transplantasi hati.

Baca juga: Ketahui Gejala Hepatitis Akut, Dokter Imbau Orangtua Segera Periksakan Anak jika Gejala Muncul

Sementara untuk kasus hepatitis akut misterius anak di Indonesia, per tanggal 23 Juni 2022, ada sekitar 70 kasus kumulatif dugaan hepatitis akut di 21 provinsi. Sekitar 16 kasus di antaranya adalah probable, 14 pending dan 40 discarded.

Kendati sampai saat ini belum ada kasus konfirmasi positif dan kematian akibat hepatitis akut misterius anak di Indonesia.

Nadia meminta agar semua pihak terlibat untuk mencegah, daripada membiarkan dan kemudian menyesal jika sampai kasus ini merebak banyak dan ada kejadian yang tidak kita inginkan dari penyakit misterius yang satu ini.

Sebagai salah satu upaya mencegah hal-hal buruk daripada risiko infeksi hepatitis akut misterius, maka perlu Anda ketahui gejala yang paling banyak ditemukan di Indonesia, dan kapan Anda harus membawa anak Anda ke rumah sakit.

Gejala hepatitis akut misterius terbanyak di Indonesia

Sebagai informasi, secara global sejauh ini meskipun masih banyak hal yang tidak diketahui, tetapi ada beberapa gejala hepatitis akut misterius pada anak yang sering ditemukan berdasarkan keterangan WHO.

  • Perubahan warna urine menjadi gelap berwarna hitam kecokelatan
  • Feses pucat
  • Kuning pada kulit dan mata
  • Nyeri perut
  • Terkadang terasa gatal
  • Kadang nyeri sendi
  • Mual dan muntah
  • Anak merasa lesu, lelah dan lemah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Diare
  • Terkadang disertai demam

Dari gejala hepatitis akut misterius paling banyak ditemukan pada anak dari seluruh negara yang terinfeksi, di Indonesia sendiri kasus infeksinya tidak menimbulkan semua gejala yang ada.

Baca juga: Hepatitis Akut Misterius pada Anak, Ketahui Gejala hingga Cara Mencegahnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com