Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hepatitis Akut Misterius pada Anak, Ketahui Gejala hingga Cara Mencegahnya

Kompas.com - 10/05/2022, 10:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hepatitis akut misterius yang banyak menyerang anak-anak sampai menyebabkan kematian, masih menjadi polemik yang belum terpecahkan oleh para ahli di berbagai penjuru dunia.

Pada awalnya, tepatnya 5 April 2022, di Inggris Raya ada 10 kasus Hepatitis Akut menyerang anak-anak, dan tidak diketahui penyebabnya karena tidak terdeteksi virus hepatitis seperti kasus hepatitis A, hepatitis B dan lainnya .

Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, pada 8 April 2022, ditemukan sekitar 74 kasus serupa.

Baca juga: Kemenkes Jabarkan Hasil Investigasi 3 Anak yang Diduga Meninggal Dunia akibat Hepatitis Akut Misterius

 

Di mana semua pasien anak-anak yang mengidap Hepatitis Akut misterius tersebut harus dirawat intensif di rumah sakit.

Saat ini, sebagian besar kasus hepatitis akut misterius pada anak-anak tersebut sudah ditemukan di Eropa, Amerika, Pasifik Barat dan Asia Tenggara, termasuk negara Indonesia.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hingga saat ini sudah ada empat kasus dugaan penularan Hepatitis Akut.

"Iya (masih 4 kasus), belum ada tambahan, karena masih dalam pemeriksaan dan verifikasi dari dinkes kabupaten kota, karena kan laporannya berupa sindrom kuning," kata Nadia saat dihubungi Kompas.com, Senin (9/5/2022).

Menanggapi polemik kasus hepatitis akut misterius anak-anak ini, Kementerian Kesehatan telah meningkatkan kewaspadaan dalam dua minggu terakhir, usai WHO menyatakan kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak yang belum diketahui penyebabnya ini ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Sebagai bentuk antisipasi kita terhadap penyakti misterius baru yang masih terus diselidiki ini, berikut beberapa hal tentang Hepatitis Akut Misterius Anak yang harus Anda ketahui berdasarkan penjelasan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Apa penyebab Hepatitis Akut Misterius Anak?

Hepatitis adalah penyakit peradangan hati. Sampai saat ini para ahli di berbagai negara masih terus menyelidiki penyebab utama penyakit Hepatitis Akut Misterius anak.

Hal ini dikarenakan, agen infeksi yang paling sering terlibat atau virus yang bertanggung jawab pada hepatitis A, B, C, D dan E, tidak ditemukan pada pasien penderita Hepatitis Akut Misterius ini.

Namun, dugaan kuat saat ini adalah hepatitis akut misterius anak disebabkan oleh adenovirus.

Para dokter menemukan, sebagian anak-anak yang didiagnosa terinfeksi penyakit hepatitis akut misterius, ketika dites menunjukkan reaksi positif terhadap satu jenis adenovirus yang disebut Adenovirus 41, meskipun tidak seluruh kasus menunjukkan infeksi adenovirus 41.

Adenovirus 41 merupakan pemicu infeksi umum pada anak-anak di bawah 10 tahun, dan dalam kasus normal hanya menyebabkan diare dan muntah-muntah. Sejauh ini belum ada indikasi, infeksi adenovirus berkaitan dengan hepatitis.

Baca juga: Penyebab Hepatitis Akut Misterius Anak Diduga Disebabkan Adenovirus, Virus Apa Itu?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com