Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Rilis Peta Geologi Bulan, Paling Detail di Dunia Sejauh Ini

Kompas.com - 15/06/2022, 10:35 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Space,news18

KOMPAS.com - Para ilmuwan China telah merilis peta geologis bulan yang komprehensi. Peta geologi bulan beresolusi tinggi ini disusun menggunakan data dari misi bulan China.

Hingga saat ini, peta tersebut menjadi yang paling rinci dengan harapan dapat memberikan kontribusi penting bagi penelitian ilmiah, eksplorasi, dan pemilihan lokasi pendaratan di satu-satunya satelit alami Bumi.

Peta terperinci dibuat menggunakan data terutama dari Program Eksplorasi Bulan China dikumpulkan selama 15 tahun terakhir, dan dilengkapi dengan data berkualitas tinggi dari misi eksplorasi internasional dari Amerika Serikat, Jepang, dan India.

Ilmuwan China dan berbagai lembaga penelitian dan universitas telah membuat peta topografi beresolusi tinggi berdasarkan data dari proyek eksplorasi bulan China Chang’e, serta data dan temuan penelitian dari organisasi internasional, China Global Television Network (CGTN).

Peta yang mempunyai skala 1:2.500.000, mengungkapkan lapisan geologis, fitur struktural dan kronologi permukaan bulan, dan mencakup 12.341 kawah tumbuhkan, 81 cekungan tumbukan, 17 jenis batuan, dan 14 jenis struktur.

“Peta tersebut mencerminkan evolusi kerak bulan di bawah proses beku, dampak bencana dan aktivitas vulkanik,” tulis tim peneliti sebuah makalah yang akan diterbitkan di jurnal Science Bulletin seperti dikutip dari Live Science, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Ahli Membuat Peta Bulan Baru untuk Misi Eksplorasi Bulan di Masa Depan

Peta geologi bulan menggunakan proyeksi Mollweide yang menciptakan tampilan bulan berbentuk elips.

Selain itu, China juga menyediakan proyeksi stereografik, yang secara terpisah berpusat di kutub utara dan selatan.

Para peneliti dapat menggunakan pekerjaan baru untuk pemetaan geologi bulan lebih lanjut dan pemilihan lokasi pendaratan untuk misi masa depan.

Penampakan peta geologi bulan ukuran penuh tersedia dari Pusat Sains Antariksa Nasional.

Lebih lanjut, Institut Geokimia dari Akademi Ilmu Pengetahuan China telah memimpin proyek tersebut, bersama dengan organisasi lain seperti Akademi Ilmu Geologi China, Universitas Geosains China dan Universitas Shandong.

Peta geologis Bulan China ini telah diterbitkan oleh Science Bulletin pada 30 Mei lalu. Sebelumnya, Pusat Sains Astrogeologi USGS telah merilis peta bulan dengan skala 1:5.000.000 pada 2020.

Baca juga: Peta Bintang Tertua di Dunia Ini Berusia 3.600 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com