Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Membuat Peta Bulan Baru untuk Misi Eksplorasi Bulan di Masa Depan

Kompas.com - 05/05/2021, 19:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Para ahli di University of Arkansas membuat peta bulan baru untuk membantu memandu misi eksplorasi bulan di masa depan.

Peta bulan tersebut dibuat oleh tim magang dari Lunar and Planetary Institute, termasuk Ellen Czaplinski, peneliti mahasiswa pascasarjana University of Arkansas di Arkansas Center for Planetary Sciences, Amerika Serikat.

Dilansir dari Science Daily, Rabu (5/5/2021), peta yang disusun termasuk jalur penjelajahan di lembah Schrodinger, sebuah area yang sangat penting secara geologis di Bulan.

Para ahli ini mengidentifikasi fitur geologi yang signifikan dari lembah Schrodinger yang berada di dekat kutub selatan Bulan. Wilayah ini pun menjadi bagian penting dalam penyusunan peta Bulan untuk misi masa depan.

Baca juga: AS Gaet Para Astronot Jepang untuk Eksplorasi Bulan

 

Lembah Schrodinger adalah cekungan kedua di Bulan dan mencakup fitur kerak bumi yang beragam, serta jenis batuan yang penting untuk memahami sejarah geologi Bulan.

"Ketika cekungan Schrodinger terbentuk, beberapa batuan ini (karakteristik fisik umum batuan) mungkin terangkat dari tempat yang sangat dalam di bawah permukaan bulan," kata Czaplinski yang juga menjadi penulis utama makalah yang diterbitkan di The Planetary Science Journal.

Oleh karena itu, lanjut Czaplinski, menyelidiki batuan ini dari dekat sangat penting untuk menjawab tujuan sains prioritas tinggi.

Pada tahun 2007, National Research Council menguraikan tujuan ilmiah dan sasaran misi ke bulan di masa depan. Peta bulan baru yang dikembangkan para ahli ini diharapkan dapat membantu misi eksplorasi bulan di masa depan.

Baca juga: Selain Wanita, NASA Bakal Kirim Manusia Lain ke Bulan di Misi Artemis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com