Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2022, 19:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Berikut adalah proses yang termasuk ekskresi adalah -

KOMPAS.com - Tubuh melakukan proses metabolisme. Salah satu proses metabolisme yang terjadi pada tubuh kita adalah terjadinya proses ekskresi. Berikut adalah proses yang termasuk ekskresi adalah pengeluaran CO2 dari paru-paru, keluarnya keringat dari kulit, dan keluarnya urine dari ginjal.

Semua proses ekskresi ini berasal dari organ yang berbeda dengan hasil yang berbeda-beda. Organ-organ tersebut merupakan bagian dari sistem ekskresi. Empat organ yang termasuk sistem ekskresi adalah kulit, ginjal, paru-paru, dan hati.

Kulit

Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh, lapisan kulit memiliki berbagai fungsi penting untuk tubuh. Namun, pada artikel ini kita akan membahas fungsinya sebagai salah satu organ ekskresi. Kulit berfungsi mengeluarkan keringat bersama dengan air, garam, dan urea sebagai sisa metabolisme tubuh. Selain itu, keringat tersebut juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tidak terlalu panas.

Ginjal

Ginjal menjadi salah satu organ dalam sistem ekskresi dengan mengeluarkan urine. Urine merupakan air beserta zat sisa metabolisme yang dikeluarkan oleh tubuh. Zat sisa di dalam urine adalah zat yang disaring dari dalam darah.

Paru-paru

Fungsi utama paru-paru adalah untuk pernapasan atau respirasi. Paru-paru akan menangkap oksigen dari udara yang dihirup, Kemudian, mengeluarkan karbon dioksida sebagai sisa metabolisme. Untuk menjalankan fungsi ini, paru-paru terhubung dengan sistem pernapasan yang meliputi hidung, tenggorokan, trakea, dan bronkus.

Baca juga: 5 Fungsi Hati dalam Sistem Ekskresi Manusia

Hati

Hati adalah organ yang terletak di perut sebelah kanan. Proses metabolisme di dalam hati sangat rumit. Salah satu hasil proses ekskresi oleh hati adalah urea, cairan empedu, dan bilirubin. Bilirubin merupakan zat pewarna yang akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urine dan feses. Zat ini yang menyebabkan urin dan feses berwarna kuning hingga kecokelatan.
Jika organ hati mengalami gangguan atau penyakit, maka akan terjadi penyakit kuning yang bisa menyebabkan mata, kulit, dan kuku tampak kuning atau ikterik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com