13 Cara Tetap Sehat dan Mencegah Paparan Covid-19 Selama Ibadah Haji 2022

Kompas.com - 13/06/2022, 17:32 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 belum juga berakhir, tetapi beberapa kegiatan sudah dilonggarkan termasuk melakukan ibadah haji.

Dengan begitu, selain menjaga kesehatan diri di tengah perubahan cuaca, kondisi alam, aktivitas yang padat, jemaah haji pada tahun 2022 ini diharapkan juga bisa menjaga diri dan mencegah potensi tertularnya infeksi Covid-19.

Berikut beberapa cara mencegah tertular Covid-19 dan tetap sehat bagi jemaah haji 2022.

Baca juga: Kebijakan Lepas Masker di Luar Ruangan, Ini Saran Dokter Paru Mencegah Paparan Covid-19

1. Kenakan masker

Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman mengingatkan, salah satu hal yang wajib dilakukan jemaah haji untuk tetap sehat dan mencegah tertular virus SARS-COV-2 penyebab Covid-19, yakni mengenakan masker saat berada di tempat ramai.

Saat menjalankan ibadah haji, pada umumnya tempat tersebut akan ramai dengan banyak orang dari berbagai negara di dunia, tidak hanya dari Indonesia, atau keluarga Anda saja.

Oleh karena itu, memakai masker dengan baik dan benar, serta memilih masker yang berkualitas baik juga perlu dilakukan untuk tetap sehat sampai kembali ke tanah air nantinya.

“Hindari memakai masker yang sudah rusak atau kotor,” kata Dicky kepada Kompas.com, Minggu (12/6/2022).

2. Pakai barang pribadi sendiri

Tindakan selanjutnya yang bisa dilakukan oleh jemaah untuk mencegah Covid-19 dan berbagai penyakit lainnya adalah menggunakan atau memakai barang pribadi sendiri.

“Hindari berbagi alat kebersihan pribadi,” tegasnya.

Beberapa contoh alat kebersihan pribadi yang harusnya dipakai diri sendiri dan tidak boleh dipakai bersama dengan orang lain yakni sendok, piring, sikat gigi, handuk, peralatan sholat sendiri, dan lain sebagainya.

3. Rutin cuci tangan

Tips berikutnya dari Dicky yaitu, jemaah haji sebaiknya tetap disiplin protokol kesehatan, seperti rutin mencuci tangan pakai air yang mengalir dan sabun.

“Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau pembersih tangan disinfektan (hand sanitizer),” jelasnya.

Upayakan Anda sering mencuci tangan, terutama sebelum dan sesudah aktivitas tertentu, seperti sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah mengobati luka, setelah menggunakan toilet dan setelah membuang ingus, batuk atau bersin.

Rutin mencuci tangan perlu dilakukan, karena untuk menghilangkan kuman dan mengurangi penyebaran penyakit.

“Tipsnya, bisa menyimpan botol kecil pembersih atau hand sanitizer atau toilet antiseptik selama haji adalah ide yang baik, karena kamar kecil mungkin tidak selalu tersedia,” ujarnya.

Baca juga: Tren Kasus Covid-19 Meningkat Lagi, Epidemiolog: Kebijakan Lepas Masker Berisiko

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.