Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Berat Badan Naik Saat Lebaran, Ini Tips dari Dokter Gizi

Kompas.com - 02/05/2022, 08:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat Hari Raya Idul Fitri tiba, sejumlah hidangan yang nikmat seperti rendang, ketupat, hingga opor ayam biasanya tersedia di meja makan.

Makanan khas lebaran itu pastinya sayang untuk dilewatkan, meski lemak yang terkandung di dalamnya cukup tinggi.

Akibatnya, berat badan yang turun beberapa kilogram selama puasa Ramadhan berisiko naik kembali setelah Hari Raya Idul Fitri.

Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah – Pondok Indah, dr Juwalita Surapsari, Sp.GK, M.Gizi, mengatakan ,selama berpuasa beberapa orang mengalami penurunan berat badan yang bermakna, diikuti penurunan massa lemak tubuh.

Baca juga: 6 Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan, Apa Saja?

Namun, saat memasuki lebaran berat badan cenderung naik kembali bahkan bisa lebih dari biasanya. Lantas, bagaimana cara mencegah kenaikan berat badan setelah lebaran?

Menjawab hal tersebut, Juwalita mengatakan bahwa Anda boleh menyantap hidangan khas lebaran, hanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Sehingga, berat badan akan tetap terjaga meski telah mengonsumsi berbagai makanan yang berlemak.

Cara mencegah kenaikan berat badan saat lebaran 

1. Nikmati makanan khas lebaran selama dua hari

"Pertama, nikmatilah momen Hari Raya selama dua hari untuk bisa menyantap hidangan khas Lebaran. Ingat ya, hanya 2 hari. Setelah itu, kembalilah kepada pola makan sehat," papar Juwalita dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/4/2022).

Sebab, lanjut dia, makan berlebihan selama dua hari tidak akan menyebabkan berat badan Anda naik secara drastis.

Dengan memperkirakan setengah kilogram jaringan lemak mengandung 3.500 kkal, maka berat badan (dalam hal ini jaringan lemak) akan bertambah 1 kilogram jika kelebihan 7.000 kkal dalam makanan yang dikonsumsi.

Artinya, apabila seseorang biasa mengonsumsi 2.000 kkal sehari, maka dia harus mengonsumsi sekitar 5.500 kkal selama dua hari, agar berat badannya hanya naik sebanyak 1 kilogram.

"Angka ini tentu saja besar sekali dan sulit tercapai dalam dua hari tersebut. Oleh sebab itu, nikmatilah makanan di momen Hari Raya hanya pada dua hari tersebut," kata Juwalita.

Dirinya juga menyarankan agar Anda lebih banyak mengonsumsi air putih ketika merayakan Idul Fitri.

Minum minuman manis seperti sirup dapat meningkatkan asupan kalori, lantaran memiliki "kalori tersembunyi" di dalamnya.

"Dengan membatasi diri hanya mengonsumsi air putih, diharapkan Anda tak akan terjebak dalam konsumsi kalori yang berlebihan," imbuhnya.

2. Menjalani diet gizi seimbang

Tips untuk mencegah berat badan naik setelah lebaran menurut dr Juwalita berikutnya adalah menjalani diet gizi seimbang, yakni mengonsumsi makanan secara teratur.

Selain itu, makanan juga harus mengandung semua komponen gizi seperti karbohidrat kompleks, protein rendah lemak, lemak baik, serta sayuran, dan buah-buahan.

Di samping mengonsumsi makanan bergizi, dia juga mengingatkan untuk terus minum air putih yang cukup untuk mencegah naiknya berat badan.

Baca juga: 7 Kebiasaan Sepele yang Bikin Berat Badan Naik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com