Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gangguan Kesehatan Mental, Waspadai Penyebab dan Gejalanya pada Diri Sendiri

Kompas.com - 23/04/2022, 09:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Mental Health atau kesehatan mental adalah hal yang penting untuk dipahami bersama, bukan hanya pada orang-orang yang saat ini merasa sedang mengalaminya. Penting juga untuk mewaspadai penyebab dan gejala gangguan kesehatan mental yang harus disadari diri sendiri. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan mental adalah kondisi sejahtera seseorang, ketika seseorang menyadari kemampuan dirinya, mampu untuk mengelola stres yang dimiliki serta beradaptasi dengan baik, dapat bekerja secara produktif, dan berkontribusi untuk lingkungannya.

Kesehatan mental merupakan dasar yang penting bagi seseorang karena kesehatan mental akan memengaruhi bagaimana seseorang memandang dirinya, lingkungan, dan memahami lingkungan sekitar.

Dikutip dari laman resmi Kemendikbud, ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab gangguan kesehatan mental pada seseorang. Di antaranya sebagai berikut.

  1. Tekanan atau masalah dalam kehidupan sehari-hari: pekerjaan, pertemanan, keluarga.
  2. Trauma dan kehidupan masa kecil yang kurang menyenangkan.
  3. Tidak memiliki support system.
  4. Perubahan fisik.
  5. Adanya masalah fisik yang serius.
  6. Gaya hidup yang tidak sehat.
  7. Memiliki keluarga yang mengalami masalah kesehatan mental.

Peneliti kesehatan mental dan pendiri Emotional Health for All, Dr Sandersan Onie menegaskan, setiap orang memiliki potensi atau peluang mengalami gangguan kesehatan mental.

Gangguan kesehatan mental itu tidak selalu disebut orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Serta, ODGJ sekalipun bukan berarti mereka adalah orang gila seperti yang diasumsikan masyarakat pada umumnya.

Baca juga: Kapan Harus Waspada Punya Gangguan Kesehatan Mental dalam Diri Sendiri?

Peneliti kesehatan mental yang juga akrab disapa Sandy juga menambahkan, sebagai individu juga kita harus memulai untuk sadar jika memiliki tanda-tanda adanya gangguan kesehatan mental atau jiwa kita.

Ia mengibaratkan gangguan kesehatan mental adalah sama halnya dengan kendaraan seperti motor atau mobil, di mana kita harus tetap merawat dan menjaganya jangan sampai rusak dan menjadi susah digunakan lagi.

"Kesehatan mental itu, ibaratnya jangan tunggu kelamaan baru diservis, kalau kita punya motor atau mobil yang rusak dan mogok, jangan tunggu keluar asap baru dibawa ke bengkel," kata Sandy dalam pemberitaan Kompas.com edisi 18 November 2021.

Maksudnya, jika Anda sudah merasa memiliki beberapa gejala yang mengindikasikan adanya gangguan kesehatan mental pada diri Anda, maka segeralah mencari bantuan dan berkonsultasi dengan tenaga profesional.

Perlu diingat, berkonsultasi dan mencari bantuan tenaga profesional terhadap gejala yang Anda miliki itu bukanlah artinya Anda adalah orang gila.

Akan tetapi, berkonsultasi dan mencari bantuan profesional seperti psikolog klinis atau psikiater dapat membantu Anda menyelaraskan lagi kesehatan mental yang sedikit terganggu.

Gejala gangguan kesehatan mental

Anda harus waspada dan segera bercerita kepada teman yang Anda percayai, atau berkonsultasi dan meminta bantuan tenaga profesional jika mengalami beberapa gejala gangguan kesehatan mental sebagai berikut.

Baca juga: Takut Ketemu Orang Lain, Apakah Pertanda Gangguan Kesehatan Mental?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com