Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/10/2021, 11:01 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Hari ini, 10 Oktober, kita memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia atau World Mental Health Day.

Hari Kesehatan Mental Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan menyebarkan edukasi tentang masalah kesehatan mental di seluruh dunia.

Di tahun ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengangkat tema "Perawatan kesehatan mental untuk semua: mari kita wujudkan" atau "Mental health care for all: let's make it a reality".

Dilansir dari laman resmi WHO, tema itu berangkat dari pandemi Covid-19 yang berdampak besar pada banyak aspek, terutama kesehatan mental.

Baca juga: Bunuh Diri Bisa Menular, Ini Penjelasan Peneliti Kesehatan Mental

WHO mengatakan, pandemi telah memengaruhi kesehatan mental banyak orang di semua kalangan umur dan pekerjaan.

Kesehatan mental orang-orang yang bekerja di garis depan seperti tenaga kesehatan, kemudian pelajar, orang yang tinggal sendiri, dan mereka yang sudah memiliki kondisi mental sebelumnya sangat terpengaruh selama pandemi.

“Seiring dengan kesenjangan pengobatan, kita harus mengatasi stres di tempat kerja, membantu remaja di sekolah serta pengasuh dan keluarga orang yang hidup dengan masalah kesehatan mental," kata Direktur Regional WHO seperti dilansir The Hindustan Times, Minggu (10/10/2021).

"Kita perlu secara proaktif mengatasi stigma dan diskriminasi yang terkait dengan kesehatan mental yang menciptakan hambatan untuk mengakses perawatan dan pengobatan."

Tidak menutup mata, layanan untuk gangguan mental, neurologis, dan penggunaan zat secara global juga sangat terganggu selama pandemi.

“Mayoritas orang yang hidup dengan masalah kesehatan mental di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tidak mendapatkan perawatan yang memadai. Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung telah meningkatkan tantangan kami berlipat ganda yang perlu ditangani dengan prioritas,” kata Dr Poonam Khetrapal Singh, Direktur Regional WHO Wilayah Asia Tenggara.

Hari Kesehatan Mental Sedunia memberikan kesempatan untuk berbicara tentang kesehatan mental secara umum, bagaimana mematahkan stigma di sekitarnya, dan pentingnya berbicara ketika berjuang dengan masalah kesehatan mental.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com