[POPULER SAINS] Apa yang Terjadi pada Tubuh Setelah Meninggal Dunia | WHO Lacak Subvarian Baru Omicron | Obat Sakit Gigi Berlubang

Kompas.com - 13/04/2022, 07:03 WIB
-


KOMPAS.com - Sains menjelaskan apa yang terjadi pada tubuh setelah meninggal dunia, menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Selasa (12/4/2022).

Setelah manusia meninggal dunia, maka akan ada perubahan secara fisik, yang mana setelah kematian, tubuh akan terurai menjadi bahan organik yang lebih sederhana.

Peningkatan suhu dapat mempercepat reaksi kimia dalam proses pembusukan tubuh usai meninggal dunia.

Berita populer Sains lainnya yakni tentang perkembangan subvarian baru Omicron. WHO tengah melacak dua subvarian baru Omicron yakni BA.4 dan BA.5

Upaya yang dilakukan WHO ini adalah untuk melihat apakah kedua sub-garis keturunan varian Omicron tersebut lebih menular, atau berbahaya dibandingkan subvarian sebelumnya.

Obat untuk sakit gigi berlubang, juga menjadi salah satu ulasan populer Sains sepanjang Selasa.  Banyak pilihan obat sakit gigi berlubang yang dapat diperoleh di apotek.

Selain berita tersebut, informasi terkait diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, juga menjadi ulasan yang populer.

Seperti diketahui bahwa diabetes telah dikenal sebagai salah satu masalah kesehatan yang berkaitan dengan gula darah yang telah banyak ditemukan di Indonesia.

Beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Selasa (12/4/2022) hingga Rabu (13/4/2022) pagi ini dapat disimak selengkapnya berikut ini.

Apa yang terjadi pada tubuh setelah meninggal dunia?

Setelah mengalami kematian, tubuh akan terurai menjadi bahan organik yang lebih sederhana, baik melalui proses biologis maupun kimia. Proses tersebut dapat berlangsung beberapa pekan hingga beberapa tahun lamanya.

Setelah meninggal dunia, tubuh seseorang akan mengalami peningkatan suhu yang dapat mempercepat reaksi kimia dalam proses pembusukan tubuh.

Proses lamanya pembusukan juga dapat dipengaruhi oleh bagaimana tubuh dikuburkan di tanah.

Studi yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information tahun 2020, menunjukkan bahwa mayat dapat bergerak selama proses pembusukan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.