Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjaga Gula Darah Penderita Diabetes Tetap Terkendali Selama Puasa

Kompas.com - 03/04/2022, 19:03 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Umat Islam di Indonesia saat ini sudah memasuki bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah. Seperti yang telah diketahui, selama bulan Ramadhan seorang muslim yang sudah akil balig wajib untuk berpuasa dengan menahan lapar dan haus.

Berbeda dengan mereka yang dalam kondisi sehat, para penderita penyakit tertentu seperti diabetes perlu menjaga gula darahnya secara berkala, terlebih selama berpuasa Ramadhan.

Untuk diketahui, diabetes adalah penyakit yang menyebabkan kadar gula darah penderitanya lebih tinggi dari normalnya. Sehingga, jika kadar gula darahnya tidak terkontrol, penderita diabetes bisa mengalami masalah kesehatan serius lainnya.

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan penderita diabetes selama menjalani puasa Ramadhan?

Baca juga: Ini Tips Puasa untuk Lansia, Hindari Makanan Tinggi Gula hingga Rutin Olahraga

Menjawab hal tersebut, Ahli gizi DR. dr. Tan Shot Yen, M.Hum, mengatakan orang dengan diabetes perlu berkonsultasi dengan dokter yang menangani, jika ingin menjalankan puasa Ramadhan.

Dia menambahkan, konsultasi ini juga termasuk pada pengaturan obat maupun insulin.

Menurutnya, pengaturan obat yang benar dan sesuai dengan saran dokter tidak akan memicu hipoglikemi atau gula darah rendah.

"Pastikan Anda paham makanan-makanan sehat yang tidak bikin gula darah melonjak, dan cara mengolah makanan yang benar," papar Tan kepada Kompas.com, Jumat (1/4/2022).

Puasa bagi penderita diabetes, lanjut dia, aman dilakukan selama makanan atau minuman apa pun yang dikonsumsi juga aman.

Selain itu, para pasien juga harus menyadari asupan apa yang dibutuhkan oleh tubuh dan mana yang hanya sekadar pemuas nafsu.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kadar gula tak terkontrol, setelah berbuka maupun saat sahur.

"Kembali lagi ke isi piringku, dengan catatan pilihan bahan pangan, racikan dan olahan yang benar. Pilihan bahan utuh seperti jagung ketimbang maizena," imbuhnya.

Secara umum, isi piringku menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring, terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan sisanya adalah karbohidrat serta protein.

Baca juga: 7 Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com