Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Belajar Puasa Ramadhan, Kapan Waktu Tepat Ajarkan Puasa? Ini Saran Ahli

Kompas.com - 31/03/2022, 18:32 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Bagi seorang muslim, puasa Ramadhan adalah kewajiban yang harus dijalani jika telah memasuki usia remaja atau akil balig. Saat ini, banyak pula anak-anak yang sudah mulai belajar untuk menjalani puasa dan menahan rasa lapar.

Sebagian besar orangtua pun akhirnya mungkin jadi bertanya-tanya, umur berapa anak wajib puasa, atau kapan waktu tepat ajarkan anak puasa Ramadhan?

Menjawab hal ini, Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Penyakit Metabolik Prof Dr Damayanti Rusli Sjarif, Ph.D, Sp.A(K), anak dapat berpuasa di usia berapa pun.

Dia menyampaikan jika anak sudah siap untuk berpuasa, dan tertarik maka orangtua dapat menuntunnya untuk melakukan puasa Ramadhan.

"Sering kali anak anak tertarik dan ingin untuk berpuasa meskipun belum diwajibkan dalam agama. Pada saat dia ingin, dia boleh kita ajak (berpuasa)," ujar Damayanti dalam Live Instagram Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Selasa (29/3/2022).

Selain itu, lanjut dia, para orangtua juga harus menjelaskan bahwa makna puasa bukan sekadar tidak boleh makan dan minum saja, tetapi jujur pada dirinya sendiri.

Baca juga: Melatih Anak Puasa Ramadhan, Begini Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

 

Artinya, saat anak belajar puasa saat Ramadhan, anak bisa mengatakan bahwa dirinya tidak kuat untuk terus puasa hingga satu hari penuh.

"Saat anak ingin ikut berpuasa berapa pun usianya yang sudah balita atau lebih, dan mengungkapkan ingin berpuasa (diperbolehkan). Ingatkan juga bahwa puasa anak yang belajar tidak punya target," papar Damayanti.

Dia mengingatkan agar para orangtua tidak memaksakan anak berpuasa selama Ramadhan, jika usianya belum mencapai usia akil balig.

"Dapat dilihat dulu kekuatannya berpuasa, dan orangtua mengajarkan mereka salah satu belajar puasa adalah belajar jujur. karena kan tuhan ini tidak menjadikan puasa ini menjadi penyakit, kalau anak sakit juga enggak boleh dipaksa karena itu merusak diri," imbuhnya.

Puasa Ramadhan adalah proses belajar bagi anak untuk menahan lapar, sekaligus mengubah perilakunya menjadi lebih baik lagi.

Maka dari itu, orangtua perlu untuk mengerti bagaimana cara terbaik mengajarkan anak-anaknya berpuasa.

Prof Damayanti pun membagikan tips berpuasa untuk anak di bulan Ramadhan yang dapat dilakukan oleh para orangtua, selain melihat dari kemampuan dan keinginan anak, antara lain:

Baca juga: 7 Pertanyaan soal Aturan Puasa untuk Anak, Termasuk Berapa Lama Sebaiknya Anak Berpuasa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com