Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2022, 18:25 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Sebagian besar masyarakat sudah melaksanakan puasa Ramadhan pada hari ini Sabtu (2/4/2022), dan ada juga yang baru akan melaksanakannya Minggu (3/4/2022). Tapi, warga diimbau waspada cuaca ekstrem, seperti hujan lebat, yang bisa terjadi di awal Ramadhan 1443 Hijriyah.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan potensi cuaca ekstrem berupa hujan intensitas lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir, merupakan pengaruh dari beberapa dampak kondisi atmosfer yang terjadi.

Deputi bidang meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan ada daerah tekanan rendah yang terpantau di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina.

Selain itu, sirkulasi siklonik juga terpantau di perairan sebelah utara Aceh dan di perairan sebelah selatan Jawa Tengah yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan angin (konvergensi).

Baca juga: Daftar Wilayah Berpotensi Hujan Lebat 3 Hari ke Depan akibat 3 Bibit Siklon Tropis

Konvergensi angin ini memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, di Kalimantan Utara, di Maluku Utara dan di Jawa Barat bag ian selatan, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, di Sumatera Barat, di Jambi bagian timur, dari Pesisir Barat Bengkulu hingga Lampung, dari Jawa Barat bagian selatan hingga Jawa Timur, di NTB, di NTT bagian timur.

Tidak hanya itu, konvergensi juga terpantau memanjang dari Kalimantan barat hingga Kalimantan Timur, di Kalimantan Selatan, dari Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Tengah, dan di Papua Barat serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Selat Karimata, Laut Jawa, Pesisir Timur Kalimantan, Selat Makassar, Sulawesi bagian utara dan Laut Sulawesi.

"Kondisi ini mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah tekanan rendah atau sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut," jelasnya.

Oleh karena beberapa kondisi atmosfer yang ada tersebut, sejumlah wilayah di Indonesia harus mewaspadai potensi hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir dalam beberapa hari ke depan di awal Ramadhan 1443 Hijriyah ini.

Baca juga: Akhir Pekan Ini Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, Ini Daftar Wilayahnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com