Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Covid-19 untuk Anak Balita, Moderna Ajukan Izin Penggunaan Darurat

Kompas.com - 24/03/2022, 10:30 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber CNA

KOMPAS.com - Perusahaan Farmasi Moderna mengumumkan telah mengajukan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin Covid-19, untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun atau usia balita

Berdasarkan data yang ada, vaksin anak Moderna menghasilkan respons kekebalan yang sama seperti pada orang dewasa dalam uji kliniknya.

Adapun, uji coba pediatrik Moderna dilakukan selama varian Omicron atau B.1.1.529 mendominasi di berbagai negara termasuk Amerika Serikat.

Hasilnya menunjukkan, dua dosis vaksin efektif untuk mencegah infeksi pada anak berusia 2 hingga 5 tahun sebesar 38 persen.

Sedangkan, dua dosis vaksin Covid-19 Moderna efektif mencegah infeksi virus corona hingga 44 persen efektif bagi anak-anak berusia 6 bulan sampai di bawah 2 tahun.

Baca juga: Moderna Mulai Uji Vaksin Covid-19 pada Bayi dan Anak-anak

Dilansir dari CNA, Rabu (23/3/2022) efektivitas vaksin Covid-19 Moderna pada anak balita tersebut serupa dengan angka pada orang dewasa yang sudah menerima vaksinasi lengkap.

"Mengingat perlunya vaksin untuk melawan Covid-19 bagi bayi dan anak kecil, kami bekerja dengan FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan) Amerika Serikat, dan regulator secara global untuk mengirimkan data ini (efektivitas vaksin) sesegera mungkin," papar Kepala Eksekutif Moderna, Stephane Bancel.

Apabila disetujui, Moderna akan menjadi vaksin pertama yang boleh disuntikkan kepada anak di bawah usia 5 tahun atau balita di Amerika Serikat.

Pasalnya, banyak orangtua yang sudah menunggu agar anak-anaknya bisa segera mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Sebelum studi vaksin Covid Moderna untuk balita dilakukan, Pfizer dan BioNTech Jerman juga sebelumnya telah menguji coba vaksin pada anak berusia 2 hingga 4 tahun. 

Baca juga: Vaksin Covid-19 Moderna untuk Anak Remaja Akan Diajukan ke FDA

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com