[POPULER SAINS] Danau Buatan Diyakini Kolam Suci | Waspadai TBC Laten Tak Bergejala | Satu Keluarga Tewas Tersetrum Listrik

Kompas.com - 24/03/2022, 07:31 WIB

KOMPAS.com - Danau buatan berusia 2.500 tahun yang diyakini sebagai kolam suci ditemukan di Pulau Sisilia, menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Rabu (23/3/2022).

Kolam suci ini, menurut para arkeolog, digunakan oleh orang Fevisia kuno sebagai kompleks keagamaan. Di bagian tengah kolam dapat memantulkan cahaya bintang dari konstelasi tertentu.

Selain itu, berita populer Sains lainnya yakni tentang ancaman tuberkulosis (TBC) laten tak bergejala. Dokter ingatkan agar masyarakat dapat mewaspadai penyakit TBC tak bergejala, karena penyakit ini dapat muncul kapan saja.

Satu keluarga di Pulogadung dilaporkan tewas di kamar mandi, setelah tersetrum listrik akibat adanya korsleting pada alat pemanas air (water heater).

Ahli jelaskan penyebab tersetrum listrik yang dialami oleh satu keluarga tersebut, karena hubungan pendek arus listrik atau korsleting pada pemanas air.

Berita populer Sains lainnya berkaitan dengan data jumlah planet di luar Tata Surya yang dirangkum NASA. Sedikitnya lebih dari 5.000 planet ekstra surya atau exoplanet di luar Tata Surya kita.

Beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang rabu (23/3/2022) hingga Kamis (24/3/2022) dapat disimak berikut ini.

Danau buatan diyakini sebagai kolam suci

Penemuan danau buatan yang diyakni sebagai kolam suci di Pulau Sisilia ini memberikan wawasan baru terhadap budaya Fenisia kuno dan hubungannya dengan alam.

"Itu adalah kolam suci di pusat kompleks keagamaan yang besar. Bukan pelabuhan," kata Lorenzo Nigro, peneliti studi dan profesor Arkeologi Timur Dekat dan Fenisia di Universitas Sapienza Roma.

Intepretasi baru dari cekungan atau danau buatan itu muncul setelah penggalian mengungkap sebuah bangunan besar, yaitu Kuil Ba'al yang digunakan untuk menghormati dewa Fenisia.

Umumnya, kuil ditemukan di sepanjang pelabuhan militer. Namun, untuk mengetahui apa sebenarnya fungsi dari cekungan itu, peneliti pun kemudian mengeringkan dan menggali cekungan.

Hasilnya, mereka melihat bahwa danau buatan tersebut tak terhubung ke laut seperti umumnya pelabuhan, tetapi justru diisi dengan mata air tawar alami.

Hal tersebut menunjukkan kolam suci ditemukan di Sisilia yang memiliki luas 52,5 x 37 meter ini digunakan untuk tujuan lain, yakni sebagai kolam suci yang tenang.

Peneliti juga menemukan sisa-sisa kuil di sekitar cekungan danau buatan berusia 2.500 tahun itu yang terdiri dari altar, lempengan batu berukir, dan persembahan berupa benda khusus seperti patung.

Selengkapnya terkait berita populer Sains tentang keberadaan danau buatan yang diyakini sebagai kolam suci tersebut dapat disimak di sini.

Baca juga: Danau Buatan Berusia 2.500 Tahun yang Diyakini sebagai Kolam Suci Ditemukan di Pulau Sisilia