Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danau Buatan Berusia 2.500 Tahun yang Diyakini sebagai Kolam Suci Ditemukan di Pulau Sisilia

Kompas.com - 23/03/2022, 11:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Sebuah danau buatan berusia 2.500 tahun ditemukan di Pulau Sisilia. Menariknya, danau ini bukan pelabuhan yang digunakan untuk tujuan militer ataupun perdagangan seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Danau ini, menurut para arkeolog, ternyata merupakan kolam suci yang digunakan oleh orang Fenisia kuno sebagai kompleks keagamaan yang besar, di mana kolam dapat memantulkan cahaya bintang dari konstelasi tertentu.

Di sekitar kolam juga terdapat deretan kuil dan altar untuk menghormati beberapa dewa.

Penemuan ini pun memberikan wawasan baru terhadap budaya Fenisia kuno dan hubungannya dengan alam.

"Itu adalah kolam suci di pusat kompleks keagamaan yang besar. Bukan pelabuhan," kata Lorenzo Nigro, peneliti studi dan profesor Arkeologi Timur Dekat dan Fenisia di Universitas Sapienza Roma.

Baca juga: Danau Tersembunyi di Planet Mars Tak Mengandung Air, Apa Isinya?

Dikutip dari Live Science, Selasa (22/3/2022), intepretasi baru dari cekungan atau danau buatan itu muncul setelah penggalian mengungkap sebuah bangunan besar, yaitu Kuil Ba'al yang digunakan untuk menghormati dewa Fenisia.

Umumnya, kuil ditemukan di sepanjang pelabuhan militer. Namun, untuk mengetahui apa sebenarnya fungsi dari cekungan itu, peneliti pun kemudian mengeringkan dan menggali cekungan.

Hasilnya, mereka melihat bahwa danau buatan tersebut tak terhubung ke laut seperti umumnya pelabuhan, tetapi justru diisi dengan mata air tawar alami.

Hal tersebut menunjukkan kolam suci ditemukan di Sisilia yang memiliki luas 52,5 x 37 meter ini digunakan untuk tujuan lain, yakni sebagai kolam suci yang tenang.

Peneliti juga menemukan sisa-sisa kuil di sekitar cekungan danau buatan berusia 2.500 tahun itu yang terdiri dari altar, lempengan batu berukir, dan persembahan berupa benda khusus seperti patung.

Baca juga: Danau Hillier, Danau Berwarna Merah Muda di Australia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com