Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Covid-19 Pfizer, Moderna, dan Janssen Efektif Cegah Varian Delta

Kompas.com - 13/09/2021, 08:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Studi baru kembali menunjukkan efektivitas vaksin Covid-19 dalam mencegah infeksi virus corona. Vaksin Pfizer, Moderna dan Johnson & Johnson atau Janssen, terbukti efektif terhadap varian Delta.

Berdasarkan data dari sebuah studi nasional menunjukkan efektivitas vaksin-vaksin Covid-19 ini dapat mencegah rawat inap dan perawatan di unit gawat darurat yang diakibatkan oleh penularan varian Delta.

Menurut penulis studi Shaun Grannis, dari Regenstrief Institute, data dunia nyata ini menunjukkan bahwa vaksin tetap sangat efektif dalam mengurangi rawat inap terkait Covid-19 dan kunjungan ke unit gawat darurat, bahkan dengan adanya varian Covid-19 baru, yakni varian Delta.

"Kami sangat merekomendasikan vaksinasi untuk semua orang yang memenuhi syarat untuk mengurangi penyakit serius dan meringankan beban sistem perawatan kesehatan," imbuh Grannis yang juga profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indiana.

Dilansir dari Medical Xpress, Senin (13/9/2021), VISION Network CDC telah menganalisis lebih dari 32.000 pertemuan medis dari sembilan negara bagian selama Juni, Juli dan Agustus 2021.

Periode-periode tersebut merupakan saat di mana varian Delta menjadi varian virus corona dominan yang menyebar di seluruh Amerika.

Baca juga: Efektivitas Vaksin Covid-19 Turun 66 Persen terhadap Varian Delta, Ini Penjelasannya

 

Vaksinasi di Amerika Serikat telah menggunakan vaksin Covid-19 Pfizer, Moderna dan Janssen dari Johnson & Johnson. Studi pun menunjukkan efektivitas ketiga vaksin Covid-19 tersebut. 

Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa orang yang tidak divaksinasi, setidaknya lima hingga tujuh kali lebih mungkin membutuhkan perawatan intensif di IGD atau rawat inap di rumah sakit.

Studi ini dilaporkan juga dalam Morbidity and Mortality Weekly Report, yang juga merupakan analisis pertama dari VISION Network.

Data studi ini juga menunjukkan perbedaan yang mencolok antara efektivitas vaksin mRNA, yakni vaksin Pfizer dan Moderna, selama periode studi ini dilakukan.

Berikut perbedaan efektivitas vaksin Pfizer, Moderna dan Janssen dari Johnson & Johnson dalam mencegah rawat inap pada orang dewasa berusia 18 tahun ke atas.

  1. Vaksin Moderna: 95 persen
  2. Vaksin Pfizer: 80 persen
  3. Vaksin Janssen (Johnson & Johnson): 60 persen

Dalam studi ini, para peneliti juga menemukan bahwa efektivitas vaksin Covid-19 dari Pfizer, Moderna hingga vaksin Janssen tersebut, cenderung lebih rendah untuk orang berusia 75 tahun ke atas, kendati temuan ini belum pernah ditunjukkan pada penelitian sebelumnya.

Baca juga: 5 Vaksin Covid-19 Digunakan di Indonesia, Mana yang Efektif Lawan Varian Delta?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com