Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Setara 200 Cangkir Kopi, Pria Inggris Meninggal karena Overdosis Kafein

Kompas.com - 05/03/2022, 16:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Seorang pria di Inggris dilaporkan meninggal dunia karena overdosis kafein setelah minum minuman kafein setara 200 cangkir kopi.

Diduga karena kesalahan saat mengukur takaran bubuk kafein, mengakibatkan pria tersebut mengonsumsi kafein dengan dosis yang fatal.

Pria itu bernama Tim Mansfield, berusia 29 tahun, seorang pelatih pribadi yang telah memesan 100 gram bubuk kafein untuk digunakan sebagai minuman suplemen.

Dilansir dari Live Science dari BBC, Sabtu (5/3/2022), dosis kafein bubuk yang direkomendasikan adalah antara 60 sampai 300 mg, tetapi timbangan yang digunakan pria tersebut memiliki berat awal 2 gram.

Baca juga: Kopi dan Kafein Tidak Mengganggu Detak Jantung, Studi Jelaskan

Itu artinya, Mansfield mengalami overdosis kafein setelah mengonsumsi kafein bubuk dengan dosis sangat tinggi, yang setara dengan 200 cangkir kopi.

Namun, karena saat mengukur bubuk kafein pada timbangan, dia membuat kesalahan yang membuatnya mengonsumsi kafein dalam dosis tinggi, yang diperkirakan takarannya setara 200 cangkir kopi.

Setelah meminum minuman bubuk kafein tersebut, pada 5 Januari 2021, Mansfield langsung merasakan nyeri hebat pada dadanya dan mengatakan jantungnya berdetak kencang.

Minuman kafein setara 200 cangkir kopi yang dikonsumsinya itu membuat mulutnya berbusa. Dia langsung dilarikan ke rumah sakit, lalu mengalami serangan jantung dan dinyatakan meninggal di hari itu.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Kopi Tanpa Kafein Alias Kopi Decaf?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com