Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemanis Buatan Aspartam, Benarkah Menyebabkan Kanker?

Kompas.com - 01/03/2022, 10:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comAspartam merupakan salah satu pemanis buatan yang banyak digunakan di berbagai produk makanan dan minuman, terutama makanan dengan label ‘sugar free’, seperti es krim, permen karet, dan lainnya. Terdapat isu yang mengatakan aspartam dapat menyebabkan kanker. Bagaimana faktanya?

Aspartam

Aspartam addalah pemanis buatan yang telah digunakan sejak tahun 1981 di Amerika Serikat. Aspartam banyak digunakan dalam produk makanan dan minuman sebagai pengganti gula karena hanya dengan takaran yang lebih sedikit, aspartam bisa menghasilkan rasa manis yang sama dengan gula biasa.

Pemanis buatan ini umumnya hanya direkomendasikan untuk digunakan pada makanan atau minuman yang sudah matang dan tidak dimasak lagi. Hal ini karena panas bisa memecah aspartam.

Aspartam terbuat dari asam aspartat dan fenilalanin. Keduanya merupakan asam amino alami. Asam aspartat diproduksi secara alami di dalam tubuh, sedangkan fenilalanin bisa didapatkan dari makanan.

Baca juga: Pemanis Buatan Pengganti Gula Ini Ternyata Ditemukan dari Kecelakaan Laboratorium

Aspartam bisa menyebabkan kanker?

Pemanis buatan banyak menimbulkan kontroversi apakah baik dikonsumsi dalam jangka panjang atau tidak. Pemanis buatan ini diyakini bisa menyebabkan kanker.

Pada tahun 2013, European Food Safety Authority (EFSA) melakukan penelitian terhadap lebih dari 600 data tentang keamanan aspartam. Penelitian ini tidak menemukan masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh konsumsi aspartam.

Pada waktu yang bersamaan, Food and Drug Administration (FDA) melarang penggunaan pemanis buatan siklamat dan sakarin. Tes di laboratorium terhadap kedua zat tersebut menyebabkan kanker dan penyakit lainnya pada hewan percobaan.

Walaupun begitu, pada tahun 2000, National Institute of Health memutuskan bahwa sakarin tidak termasuk dalam pemanis buatan pemicu kanker. Begitu pula dengan aspartam, tidak termasuk dalam pemanis buatan penyebab kanker.

Namun, FDA memberikan peringatan bahwa aspartam tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan penyakit fenilketouria. Orang dengan fenilketouria tidak bisa melakukan metabolisme fenilalanin, yang merupakan komponen dari aspartam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com