Kompas.com - 19/08/2021, 11:03 WIB
Ilustrasi pemanis buatan, sakarin. Penemuan sakarin pada tahun 1878 terjadi dari kecelakaan laboratorium. Sakarin menjadi penemuan yang mengubah dunia, pemanis pengganti gula tebu yang juga diresepkan oleh dokter di masa lampau sebagai obat sakit kepala. SHUTTERSTOCK/SabOlgaIlustrasi pemanis buatan, sakarin. Penemuan sakarin pada tahun 1878 terjadi dari kecelakaan laboratorium. Sakarin menjadi penemuan yang mengubah dunia, pemanis pengganti gula tebu yang juga diresepkan oleh dokter di masa lampau sebagai obat sakit kepala.

KOMPAS.com - Selama lebih dari 50 tahun, sakarin telah menjadi pemanis buatan pengganti gula tebu yang digunakan pada berbagai macam olahan makanan. Namun, siapa sangka jika ternyata penemuan sakarin merupakan hasil dari kecelakaan laboratorium.

Sakarin berasal dari senyawa eksperimental laboratorium yang tidak sengaja tumpah ke tangan peneliti dan terasa sangat manis saat tidak sengaja termakan bersamaan dengan roti gulung yang sedang disantap.

Sumbernya berasal dari gelas kimia yang terlalu panas, yang mana asam o-sulfobenzoat telah bereaksi dengan fosfor (V) klorida dan amonia. Percampuran senyawa-senyawa tersebut akhirnya menghasilkan sulfinida benzoat.

Namun, sejarah penemuan sakarin, si pemanis buatan ini tidaklah sesingkat itu.

Tercatat bahwa, sakarin (C7H5NO3S) ditemukan oleh Ira Remsen, seorang Profesor Kimia, pada tahun 1878 di Laboratorium Universitas Johns Hopkins, dilansir dari The Science History Institute, Rabu (18/8/2021).

Remsen mendapatkan gelar MD pada usianya yang ke 21 tahun dan lulus dengan pujian dari College of Physicians and Surgeons di Columbia University. Ia melanjutkan pendidikannya dengan meninggalkan dunia medis untuk mengejar ranah kimia.