Apa Pemanis Pengganti Gula yang Aman untuk Penderita Diabetes?

Kompas.com - 13/11/2020, 16:40 WIB
Ilustrasi salah satu pemanis pengganti gula, stevia, untuk penderita diabetes (diabetesi). Selain stevia, ada juga produk pemanis yang aman dikonsumsi diabetasi seperti aspartam dan sakarin. SHUTTERSTOCK/NIKCOAIlustrasi salah satu pemanis pengganti gula, stevia, untuk penderita diabetes (diabetesi). Selain stevia, ada juga produk pemanis yang aman dikonsumsi diabetasi seperti aspartam dan sakarin.


KOMPAS.com- Penderita diabetes atau disebut diabetesi selalu diingatkan untuk menghindari makan-makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Namun, banyak diantara masyarakat yang menganggap kandungan gula itu hanya ada di gula pasir yang biasa dipergunakan untuk menambah rasa manis pada minuman dan makanan yang dibuat.

Padahal, kandungan gula ternyata bisa juga diserap oleh tubuh dengan pemanis pengganti lainnya.

Terkait konsumsi gula bagi penderita diabetes, mana saja pemanis pengganti gula yang aman dikonsumsi bagi mereka?

Baca juga: Hari Diabetes, Kenali Berapa Banyak Kalori di Makanan Anda

 

Menjawab persoalan ini, Kompas.com menanyakan kepada dr Yohan Samudra SpGK, seorang Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Primaya Hospital Tangerang.

Dokter Yohan menyampaikan bahwa pemanis pengganti gula itu bisa dengan banyak macamnya. Di antara yang disebutkan adalah sakarin (saccharin), aspartam (aspartame), sukralosa (sucralose), atau stevia.

"Saat ini semua aman dipakai untuk diabetesi asalkan jumlahnya tidak berlebihan, karena masih terus dilakukan penelitian mengenai efek jangka panjangnya," kata Yohan dalam pesan singkatnya, Jumat (13/11/2020).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X