Jessica Iskandar Positif Covid-19 Saat Hamil, Berbahayakah? Ini Kata Dokter

Kompas.com - 17/02/2022, 13:02 WIB

KOMPAS.com - Presenter Jessica Iskandar tengah dirawat di rumah sakit akibat positif Covid-19. Dalam video Instagram Story yang diunggah suami Jessica, Vincent Verhaag, Jessica terlihat bersama El Barack berbaring berdampingan.

Jessica Iskandar yang akrab disapa Jedar tampak terbaring di ranjang rumah sakit, dengan selang infus dan oksigen di tubuhnya.

"Stay safe sayang, you too El," ujar Vincent seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (16/2/2022) dikutip dari akun Instagram @v.andrianto.

Jessica Iskandar positif Covid-19 dan diketahui sedang hamil berusia 22 minggu itu pun, meminta doa untuk kesembuhan dirinya dan juga El.

"Doain aku, adik baby dan EL kuat melewati ini ya! Terima kasih," demikian tulis Jedar di akun @inijedar.

Risiko Covid-19 ibu hamil seperti dialami Jessica Iskandar

Dijelaskan Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas Endokrinologi dan Reproduksi Primaya Evasari Hospital, dr Cepi Teguh Pramayadi, Sp.OG (K) FER MARS, ibu hamil termasuk kelompok rentan tertular virus corona.

Baca juga: Ibu Hamil Positif Covid-19, Berisiko Sakit Parah hingga Kelahiran Prematur

 

Terlebih pada ibu hamil yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta. Sedangkan janin dari ibu hamil positif Covid-19, berisiko mengalami kekurangan asupan oksigen. Seperti kondisi yang kini dialami Jessica Iskandar yang terinfeksi Covid-19 saat tengah hamil.

"Janin membutuhkan oksigen yang optimal untuk pertumbuhannya. Ibu yang kekurangan oksigen atau sesak akibat Covid bisa mengurangi kadar oksigen untuk janinnya," terang Cepi kepada Kompas.com, Kamis (17/2/2022).

Terkait risiko Covid-19 pada ibu hamil, Cepi menambahkan, jika janin dalam kandungan kekurangan oksigen berisiko membuat bayi memiliki berat badan yang lebih kecil dari normalnya.

Di samping itu, Cepi menegaskan bahwa ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 tidak menularkan virus kepada bayi dalam kandungannya.

Adapun derajat keparahan ibu hamil positif Covid-19 seperti yang dialami Jessica Iskandar, sama seperti kelompok wanita dewasa yang tidak hamil.

Baca juga: Ibu Hamil Positif Covid-19, Haruskah Melahirkan dengan Operasi Caesar?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.