Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Positif Covid-19 Status Warna di PeduliLindungi | Dorce Gamalama Meninggal Dunia | Vaksin Pertama Lebih 6 Bulan Ulang Vaksin dari Awal

Kompas.com - 17/02/2022, 07:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Status warna pada aplikasi PeduliLindungi memiliki warna berbeda. Saat positif Covid-19, maka warna aplikasi juga berubah, ini menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Rabu (16/2/2022).

Adapun ketika seseorang dinyatakan terinfeksi Covid-19, status di aplikasi PeduliLindungi-nya akan berubah warna menjadi hitam, maka orang tersebut tidak dapat bepergian ke tempat umum.

Masih terkait aplikasi PeduliLindungi, status warna kode QR dalam platform tersebut juga memiliki arti.

Dalam aplikasi tersebut, telah ditetapkan beberapa warna dengan artian tertentu, dari hijau, kuning, merah, dan hitam.

Kabar duka datang dari dunia hiburan. Artis senior, Dorce Gamalama meninggal dunia karena Covid-19.

Sebelumnya, Dorce Gamalama juga dikabarkan memiliki riwayat penyakit komorbid yakni diabetes dan alzheimer.

Berita populer Sains lainnya yakni terkait orang yang apabila vaksin pertama sudah lebih dari 6 bulan dan belum mendapatkan vaksin dosis kedua, maka disarankan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 ulang.

Berikut ini beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Rabu (16/2/2022) hingga Kamis (17/2/2022).

Positif Covid-19 status warna PeduliLindungi

Ketika seseorang dinyatakan terinfeksi Covid-19, status warna di aplikasi PeduliLindungi miliknya berubah warna menjadi hitam.

Artinya, orang tersebut tidak dapat bepergian ke tempat umum.

Status warna hitam juga diperuntukkan bagi seseorang yang mempunyai riwayat kontak dengan kasus positif kurang dari 10 hari dan orang yang tiba dari luar negeri.

Lantas, kapan status di PeduliLindungi akan berubah warna?

Untuk seseorang yang terinfeksi Covid-19, status di aplikasi PeduliLindungi akan berubah warna apabila telah negatif dari virus atau melakukan RT-PCR ulang dengan hasil negatif sesuai ketentuan.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyampaikan, status di PeduliLindungi akan berubah menjadi warna hijau apabila pasien positif melakukan pemeriksaan ulang RT-PCR dengan hasil negatif pada hari kelima atau keenam setelah dinyatakan positif.

"(Status di PeduliLindungi akan berubah warna) kalau di hari kelima atau keenam negatif (dari hasil) periksa PCR. Tapi, untuk isoman 10 hari, hari ke-11 jadi hijau,” ujar Nadia saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (16/2/2022).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com