Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Daging Kelapa, Bisa Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 16/02/2022, 20:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Mengonsumsi es kelapa di siang hari tidak hanya menyegarkan, namun juga bermanfaat bagi tubuh kita. Kelapa hanya ditumbuh di negara tropis, khususnya India dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, buah menyehatkan ini dapat kita konsumsi kapan saja.

Kandungan daging kelapa

Daging kelapa mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Daging kelapa kaya akan mineral penting seperti zat besi, mangan, tembaga, dan magnesium. Dalam secangkir daging kelapa atau setara 80 gram, mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 283
  • Protein: 3 gram
  • Karbohidrat: 10 gram
  • Lemak: 27 gram
  • Gula: 5 gram
  • Serat: 7 gram
  • Mangan: 60 persen kebutuhan harian
  • Tembaga: 44 persen kebutuhan harian

Manfaat daging kelapa

Konsumsi rutin daging kelapa bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya. Dilansir dari Healthline, berikut adalah manfaat daging kelapa untuk kesehatan.

Meningkatkan kesehatan jantung

Daging kelapa mengandung minyak kelapa yang baik untuk meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Sebuah penelitian membandingkan konsumsi minyak kelapa, minyak zaitun, dan mentega tawar untuk menurunkan kolesterol jahat. Hasilnya, minyak kelapa adalah yang paling signifikan dalam menurunkan kolesterol jahat.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Menurut Sains

Meningkatkan endurance

Endurance adalah kemampuan seseorang untuk menahan rasa lelah sehingga tetap mampu beraktivitas. Endurance yang tinggi diperlukan oleh orang yang aktif secara fisik, seperti atlet.

Daging kelapa mengandung asam lemak rantai menengah yang tinggi. Asam lemak ini mudah dicerna tubuh dibandingkan asam lemak dari hewan sehingga bisa memberikan ketahanan lebih bagi tubuh.

Menurunkan berat badan

Konsumsi daging kelapa secara rutin bisa menurunkan berat badan dengan dua mekanisme. Pertama, sebuah penelitian menunjukkan bahwa daging kelapa mampu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

Kedua, daging kelapa mengandung serat tinggi sehingga membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Ini akan mencegah perilaku makan berlebih yang memicu kegemukan.

Mencegah gigi berlubang

Asam lemak rantai menengah yang terkandung di dalam kelapa memiliki efek antibakteri yang mampu membunuh sebagian bakteri di dalam mulut. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari gigi berlubang dan penyakit gusi lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com