Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

V BTS Positif Covid-19, Ini Daftar Gejala Utama Covid-19

Kompas.com - 16/02/2022, 13:30 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Anggota dari grup idola asal Korea Selatan, BTS, Kim Taehyung yang akrab disapa V dikabarkan positif Covid-19 pada Selasa (15/2/2022) kemarin.

Kabar mengejutkan ini dikonfirmasi oleh agensi V BTS, BIGHIT Music melalui pernyataan resminya yang dirilis lewat aplikasi Weverse.

"V mengunjungi rumah sakit setelah mengalami gejala sakit tenggorokan ringan. Hasil tes PCR-nya positif," demikian pernyataan agensi seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (15/2/2022).

Baca juga: Omicron Masih Bisa Menginfeksi Orang yang Sudah Divaksin Covid-19, Ini 9 Gejalanya

V BTS juga tidak mengalami gejala parah, selain sakit tenggorokan dan demam ringan usai terinfeksi virus corona.

"V menyelesaikan dua kali vaksinasi Covid-19 dan tidak menunjukkan gejala luar biasa selain demam ringan dan sakit tenggorokan," lanjut pernyataan itu.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Covid-19 seperti yang dialami V BTS disebabkan oleh infeksi virus corona atau SARS-CoV-2.

Adapun virus corona dapat menular ketika Anda menghirup udara yang telah terpapar virus dari pasien Covid-19 melalui cipratan air liur saat batuk atau bersin.

Selain itu, percikan air liur yang mengandung virus juga akan menempel di berbagai permukaan, ketika Anda menyentuh permukaan itu lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang terkena virus maka penularan akan terjadi.

Baca juga: 3 Gejala Baru yang Dilaporkan Pasien Omicron, Apa Saja?

Gejala Covid-19

Telah disebutkan bahwa V BTS mengalami gejala Covid-19 termasuk demam ringan dan sakit tenggorokan. Selain dua kondisi tersebut, ada beberapa gejala Covid-19 lain yang bisa dialami pasien, antara lain:

  • Batuk
  • Sesak napas atau kesulitan bernapas
  • Kelelahan
  • Nyeri otot atau nyeri di tubuh
  • Sakit kepala
  • Hilangnya kemampuan perasa dan penciuman
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung tersumbat atau pilek
  • Mual atau muntah
  • Diare

Biasanya, seseorang yang terinfeksi Covid-19 memiliki berbagai gejala mulai ringan hingga berat. Gejala Covid-19 juga dapat muncul dalam 2 sampai 14 hari setelah terpapar virus.

Pada beberapa kondisi, seperti orang dengan penyakit penyerta (komorbid) dan lansia, berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan komplikasi yang serius akibat infeksi virus corona.

Baca juga: Positif Omicron Tanpa Gejala, Apa yang Harus Dilakukan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com