Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bulan Purnama Salju yang Hiasi Langit Indonesia Malam Ini

Kompas.com - 16/02/2022, 17:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Malam ini bulan purnama salju atau snow moon akan menghiasi langit Indonesia, Rabu (16/2/2022).

Bulan purnama adalah Bulan dalam fase mendekati atau tepat sama dengan 100 persen sebagai konsekuensi dari opisisi Bulan.

Oposisi Bulan terjadi manakala kedudukan Bulan berlawanan arah terhadap kedudukan Matahari dilihat dari Bumi sehingga Bulan akan terlihat sepanjang malam.

Astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo mengatakan, berdasarkan perhitungan, Bulan purnama akan terjadi pada Rabu 16 Februari 2022 pukul 23:50 WIB sehingga bisa disaksikan dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Fenomena Langit Februari 2022: Bulan Sabit Awal Rajab hingga 3 Asteroid Lewat Dekat Bumi

Dalam tataran teknis, malam Bulan purnama adalah malam dimana terbenamnya Matahari hampir bersamaan waktunya dengan terbitnya Bulan dan sebaliknya terbitnya Matahari juga hampir bersamaan waktunya dengan terbenamnya Bulan.

"Bagi Indonesia, maka malam Bulan purnama akan bertepatan dengan Rabu malam 16 Februari 2022," kata Marufin kepada Kompas.com, Selasa (1/2/2022).

Penamaan bulan purnama salju (snow moon)

Berdasarkan keterangan NASA, almanak petani Maine dahulu mulai memberikan nama-nama penduduk asli Amerika untuk bulan purnama pada tahun 1930-an dan nama-nama ini telah dikenal serta digunakan secara luas.

Menurut almanak ini, saat bulan purnama di bulan Februari terjadi, suku-suku di Amerika Serikat bagian timur laut sekarang menyebutnha Snow Moon atau Bulan Salju, atau Bulan Badai karena salju tebal yang turun di musim ini.

Baca juga: Astronom Ungkap Roket yang Akan Tabrak Bulan Bukan Milik Elon Musk

Cuaca buruk dan badai salju yang lebat membuat perburuan menjadi sulit, sehingga bulan ini disebut juga Bulan Kelaparan.

Rata-rata bulanan NOAA untuk bandara area Washington DC (DCA dan IAD) dari 1991 hingga 2022 menunjukkan Januari dan Februari hampir terikat sebagai bulan paling bersalju dalam setahun.

Jika di Amerika Serikat, bulan purnama pada Februari ini disebut Snow Moon. Maka, orang Eropa Kuno menyebut bulan purnama kali ini sebagai Wolf Moon, dan ada pula yang menyebutnya Candles Moon karena dikaitkan dengan Candlemas pada 2 Februari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com