Kompas.com - 30/01/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan pesawat luar angkasa SpaceX milik Elon Musk berencana meluncurkan puluhan penerbangan sepanjang tahun 2022 ini. Apabila berhasil, maka misi tersebut akan menjadi peluncuran roket terbanyak yang dilakukan SpaceX dalam satu tahun.

Melansir CNBC, Kamis (27/1/2022) perusahaan Musk itu juga pernah mencatat rekor penerbangan ke luar angkasa terbanyak di tahun 2021 lalu, yaitu sebanyak 31 penerbangan.

Kini, mereka sedang berusaha untuk mewujudkan target baru di tahun 2022 dengan menerbangkan setidaknya satu roket per pekan.

Baca juga: Roket SpaceX Elon Musk Akan Tabrak dan Meledak di Bulan

Hal tersebut diumumkan SpaceX dalam pertemuan virtual bersama Komite Pengawasan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Pada pertemuan itu, anggota panel Sandra Magnus mengungkapkan bahwa perusahaan swasta ini akan meluncurkan 52 roket di tahun 2022.

“Itu kecepatan yang luar biasa,” kata Magnus.

Meski begitu, Magnus tidak merinci apakah peluncuran yang sudah dijadwalkan SpaceX termasuk penerbangan uji roket prototipe Starship miliknya.

NASA juga telah memberikan panduan kepada badan antariksa untuk menjaga keselamatan dari program besar ini.

“NASA dan SpaceX harus memastikan dan memprioritaskan misi NASA, dan sumber daya yang tepat untuk mempertahankan tujuan itu agar tetap aman,” terang Magnus.

Namun, jadwal penerbangan ke luar angkasa selalu dapat berubah, sehingga tidak ada jaminan bahwa SpaceX akan memenuhi 52 peluncuran di tahun ini.

Seperti dilansir dari The Verge, Kamis (27/1/2022) perusahaan itu juga disebut sedang membangun konstelasi satelit Starlink yang membutuhkan ribuan peluncuran pesawat luar angkasa ke orbit rendah hingga menengah Bumi, guna menyediakan akses internet broadband ke seluruh dunia.

Perusahaan SpaceX merupakan salah satu mitra NASA dalam hal penerbangan ke luar angkasa. Mereka bertanggung jawab untuk membawa astronaut serta kargo NASA dari dan menuju Stasiun Luar Angkasa internasional.

Baca juga: Satelit SpaceX Berpotensi Gagalkan Astronom Mendeteksi Asteroid yang Mengancam Bumi

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.