Kompas.com - 16/01/2022, 10:05 WIB
Koloni sarang ikan di bawah es Antartika 
Alfred Wegener Institute / PS124 AWI OFOBS teamKoloni sarang ikan di bawah es Antartika

KOMPAS.com - Koloni sarang ikan terbesar yang pernah terlihat telah ditemukan di bawah lapisan es di Laut Weddel dekat Antartika.

Koloni sarang ikan tersebut memiliki luas mencapai 24000 hektar dan diperkirakan menampung 100 miliar telur.

Mengutip New Scientist, Sabtu (15/1/2022) Autun Purser dari Alfred Wegener Institute di Jerman bersama rekan-rekannya menemukan tempat berkembang biak itu secara kebetulan ketika mereka melakukan ekspedisi enam minggu di wilayah kutub Februari 2021.

Dan ketika peneliti sedang melakukan analisis rutin dasar laut, mereka menemukan ribuan sarang yang dibuat oleh ikan es Jonah (Neopagetopsis ionah), sejenis ikan kecil bersirip yang biasanya ditemukan di Samudra Selatan.

Baca juga: Ilmuwan Israel Ajari Ikan Mas Cara Berkendara di Darat, Seperti Apa?

"Kami kemudian terus bergerak selama empat jam dan terus melihat lebih banyak sarang ikan," tutur Purser menceritakan pengalamannya.

Pengamatan kemudian berlanjut selama empat hari berikutnya untuk mendokumentasikan koloni tersebut.

Sarang ikan-ikan itu terlihat seperti lingkaran biru di dasar laut dan masing-masing memiliki kedalaman sekitar 15 sentimeter.

Peneliti juga memperkirakan bahwa koloni memiliki lebih dari 60 juta sarang dan mencakup luas setidaknya 24000 hektar. Setiap sarang memiliki satu ikan dewasa dengan sekitar 1500 hingga 2000 telur.

"Kami tak tahu berapa lama mereka akan menetas atau bahkan berapa banyak yang akan bertahan hidup," kata Purser.

Peneliti mengaku telah mengamati spesies ikan es ini sebelumnya. Namun, mereka hanya terlihat dalam koloni kecil dan peneliti hanya tahu sedikit tentang ikan itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.