Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seluas 24000 Hektar, Ini Koloni Sarang Ikan Terbesar di Dunia

KOMPAS.com - Koloni sarang ikan terbesar yang pernah terlihat telah ditemukan di bawah lapisan es di Laut Weddel dekat Antartika.

Koloni sarang ikan tersebut memiliki luas mencapai 24000 hektar dan diperkirakan menampung 100 miliar telur.

Mengutip New Scientist, Sabtu (15/1/2022) Autun Purser dari Alfred Wegener Institute di Jerman bersama rekan-rekannya menemukan tempat berkembang biak itu secara kebetulan ketika mereka melakukan ekspedisi enam minggu di wilayah kutub Februari 2021.

Dan ketika peneliti sedang melakukan analisis rutin dasar laut, mereka menemukan ribuan sarang yang dibuat oleh ikan es Jonah (Neopagetopsis ionah), sejenis ikan kecil bersirip yang biasanya ditemukan di Samudra Selatan.

"Kami kemudian terus bergerak selama empat jam dan terus melihat lebih banyak sarang ikan," tutur Purser menceritakan pengalamannya.

Pengamatan kemudian berlanjut selama empat hari berikutnya untuk mendokumentasikan koloni tersebut.

Sarang ikan-ikan itu terlihat seperti lingkaran biru di dasar laut dan masing-masing memiliki kedalaman sekitar 15 sentimeter.

Peneliti juga memperkirakan bahwa koloni memiliki lebih dari 60 juta sarang dan mencakup luas setidaknya 24000 hektar. Setiap sarang memiliki satu ikan dewasa dengan sekitar 1500 hingga 2000 telur.

"Kami tak tahu berapa lama mereka akan menetas atau bahkan berapa banyak yang akan bertahan hidup," kata Purser.

Peneliti mengaku telah mengamati spesies ikan es ini sebelumnya. Namun, mereka hanya terlihat dalam koloni kecil dan peneliti hanya tahu sedikit tentang ikan itu.

"Saya melakukan ekspedisi ke wilayah itu sekitar 25 tahun yang salalu. Dan salah satu pertanyaan besar saat itu adalah di mana ikan es ini berkembang biak," papar Katrin Linse dari British Antartic Survey.

Jadi menemukan kumpulan pada skala ini sungguh menjadi hal yang menakjubkan.

Lebih lanjut, Purser bersama timnya menemukan pula sarang ikan es yang tak berpenghuni sekitar 20 kilometer jauhnya dari koloni baru yang ditemukan.

Tidak jelas mengapa atau seberapa sering ikan berpindah tempat untuk berkembang biak. Untuk mengetahuinya para peneliti telah meninggalkan dua kamera di dasar laut dekat sarang aktif, sehingga dapat menangkap aktivitas ikan-ikan.

Temuan ini dipublikasikan di jurnal Current Biology.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/01/16/100500223/seluas-24000-hektar-ini-koloni-sarang-ikan-terbesar-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke