Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 20 Daerah Berpotensi Alami Peningkatan Curah Hujan pada 9-15 Januari

Kompas.com - 09/01/2022, 10:05 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan terjadinya peningkatan curah hujan di berbagai daerah Indonesia sepekan ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan, hasil analisis perkembangan musim hujan hingga Desember 2022 menunjukkan bahwa 96.8 persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim penghujan.

"Periode puncak musim hujan diprediksikan umumnya terjadi pada periode Januari 2022," ujar Guswanto kepada Kompas.com, Sabtu (8/1/2022).

Baca juga: Hujan tapi Cuaca Panas di Beberapa Wilayah Jawa, Apa Sebabnya?

Sementara itu, dari hasil analisis dinamika atmosfer, teridentifikasi adanya potensi sirkulasi siklonik di selatan Jawa dan Australia bagian utara yang dapat membentuk pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah Indonesia, terutama di bagian selatan ekuator yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Berdasarkan kondisi tersebut, potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 9-15 Januari 2022, diprediksi terjadi di wilayah berikut:

  1. Kepulauan Riau
  2. Bangka Belitung
  3. Jambi
  4. Sumatera Selatan
  5. Bengkulu
  6. Lampung
  7. Banten
  8. DKI Jakarta
  9. Jawa Barat
  10. Jawa Tengah
  11. DI Yogyakarta
  12. Jawa Timur
  13. Bali
  14. Nusa Tenggara Barat
  15. Nusa Tenggara Timur
  16. Kalimantan Barat
  17. Kalimantan Tengah
  18. Kalimatan Selatan
  19. Sulawesi Selatan
  20. Sulawesi Barat

Baca juga: Penyebab Cuaca Dingin Belakangan Ini Bukan Aphelion, Ini Kata BMKG

Guswanto mengimbau masyarakat, agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

Adapun masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini dengan wilayah yang lebih terperinci, dapat mengakses laman BMKG, media sosial @infobmkg, aplikasi Info BMKG, atau dapat mendatangi kantor BMKG terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com