Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Negara yang Jadi Pusat Omicron Terbaru, dari Turki hingga Australia

Kompas.com - 08/01/2022, 10:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Varian baru Covid-19, Omicron, terus merajalela dan menyebabkan lonjakan kasus di berbagai negara. Ada beberapa negara yang menjadi pusat kasus Omicron terbaru, dengan angka kasus Covid-19 yang cukup tinggi.

Varian Omicron yang pertama kali dilaporkan di Afrika Selatan ini telah menyebar di negara-negara lain, dan menyebabkan gelombang infeksi baru seperti di Turki, Australia, Singapura, dan lain-lain.

Berdasarkan data yang disajikan Worldometers, sejak pandemi Covid-19 berlangsung, kasus infeksi secara global yang dilaporkan sebanyak 300.863.853 kasus, dengan 257.558.656 kasus sembuh dan 5.490.087 meninggal dunia.

Lantas, mana saja negara yang jadi pusat Omicron terbaru yang menyebabkan banyak negara khawatir akan penyebaran varian baru virus corona ini?

Berikut lima negara pusat Omicron terbaru yang telah dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

1. Turki

Pada Kamis (6/1/2022), Turki mencatat 68.413 kasus baru di tengah melonjaknya kasus infeksi yang disebabkan varian Omicron.

Baca juga: Tambah 68 Kasus Omicron di Indonesia, Masyarakat Diimbau Tak Bepergian ke Negara Ini

 

Melansir Reuters, kasus Omicron di Turki meningkat lebih dari dua kali lipat hanya dalam waktu seminggu dan varian Omicron menjadi strain dominan di negara tersebut.

Pemerintah belum mengambil langkah pembatasan baru, tapi mendesak warganya untuk segera mendapatkan vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan.

Kendati demikian, Menteri Kesehatan Fahrettin Koca menegaskan tak ada kenaikan kasus Covid-19 yang mengkhawatirkan dalam tingkat rawat inap di rumah sakit.

Masyarakat diimbau untuk tidak berkerumun dan menghindari tempat-tempat ramai, lokasi tanpa ventilasi, dan pertemuan-pertemuan yang melibatkan orang banyak.

Selain itu, Turki memperbarui masa karantina untuk kasus positif selama 7 hari.

2. Amerika Serikat

Varian Omicron menjadi strain paling menular dan menyumbang sekitar 59 persen dari kasus Covid-19 di Amerika Serikat menjelang akhir tahun lalu.

AS masih menjadi negara yang melaporkan kasus infeksi harian tertinggi di dunia, dengan tercatat 751.512 kasus terjadi pada Kamis (6/1/2022), yang mana kasus Omicron mulai mendominasi infeksi Covid-19 di negara ini.

Baca juga: Kasus Omicron Melonjak di Banyak Negara, WHO Peringatkan Fasilitas Kesehatan Bisa Kolaps

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com