Kompas.com - 12/12/2021, 18:02 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Penyakit kardiovaskular (CVDs), termasuk penyakit jantung, adalah pembunuh utama di dunia. Penyakit ini menyebabkan satu dari setiap tiga kematian. 

Penyebab serangan jantung dan stroke biasanya merupakan kombinasi beberapa faktor risiko, seperti konsumsi tembakau, pola makan yang tidak sehat dan obesitas, kurang aktivitas fisik dan konsumsi alkohol, hipertensi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Menghindari faktor risiko tersebut dan menerapkan pola hidup sehat dapat membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Dilansir dari World Health Organization (WHO), berikut adalah cara menjaga kesehatan jantung:

Baca juga: Belajar dari Meninggalnya Mang Oded karena Serangan Jantung, Begini Cara Deteksi Dini dan Mencegah Penyakit Ini

1. Konsumsi makanan sehat untuk jantung

Pola makan yang baik untuk kesehatan jantung terdiri dari kombinasi makanan yang beragam, mulai dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian hingga kacang-kacangan. Kurangi konsumsi daging asin seperti ham, bacon, tocino , sosis, hotdog, serta makanan asin seperti ikan kering. 

Gunakan jus calamansi dan cuka untuk membumbui makanan, alih-alih menggunakan bumbu bernatrium tinggi seperti kecap, kecap ikan, dan saus tomat. Hindari juga konsumsi makanan olahan, kalengan, dan cepat saji. 

Kurangi atau ganti makanan manis seperti donat, cookies, dan sejenisnya dengan buah dan sayuran segar. Untuk minuman, ganti soda dan jus manis dengan air mineral.

2. Menurunkan berat badan

Kegemukan dan obesitas didefinisikan dengan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih dari 25. Obesitas sentral atau adipositas juga ditandai dengan lingkar pinggang tinggi lebih dari 80 cm untuk wanita dan lebih dari 90 cm untuk pria. 

Baca juga: Wali Kota Bandung Oded Meninggal Dunia akibat Serangan Jantung, Waspadai 5 Gejala Peringatannya

Lingkar pinggang yang besar menunjukkan lebih banyak lemak intra-abdomen yang dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular.

Untuk itu, cobalah mengurangi 500 kkal dalam makanan harian. Ini akan membantu menurunkan berat badan rata-rata sekitar setengah hingga hampir satu kilogram dalam seminggu.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.