Kompas.com - 12/12/2021, 16:02 WIB

KOMPAS.com - Para arkeolog menemukan tiga mumi yang merupakan penduduk Mesir kuno, yakni seorang pria, perempuan, dan anak-anak. Menariknya, ketiga mumi ini memiliki lidah yang dilapisi kertas emas.

Menurut Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir, lidah berlapis kertas emas itu kemungkinan merupakan tradisi yang diyakini dapat membantu mereka berbicara dengan dewa ketika sudah mati.

Ketiga mumi itu dikubur dalam dua makam berdekatan. Salah satu makam yang berisi mumi perempuan dan anak berusia 3 tahun memiliki jejak penjarahan.

Dikutip dari portal berita Ahram Online, Minggu (5/12/2021), makam berisi dua mumi itu memiliki sarkofagus batu kapur dengan tutup berbentuk seperti wanita.

Sementara untuk kuburuan pria yang diperkirakan berasal dari dinasti ke-26 (664 SM hingga 525 SM) juga dikenal sebagai periode Saite, tidak disentuh penjarah.

Baca juga: Misterius, Ahli Temukan Mumi Terikat Tali dengan Tangan Menutupi Wajah

"Ini sangat penting, karena kami jarang menemukan makam yang benar-benar tertutup," kata Esther Pons Mellado, salah satu direktur misi arkeologi Oxyrhynchus, kepada The National, sebuah surat kabar yang meliput Timur Tengah.

Dilansir dari Live Science, Kamis (9/12/2021), Para peneliti dari Misi Arkeologi Oxyrhynchus, bekerja sama dnegan Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir, dan Universitas Barcelona menemukan ketiga mumi ini di situs arkeologi Oxyrhynchus, dekat kota modern El Bahnasa, sekitar 160 kilometer, selatan Kairo.

Menurut situs web misi tersebut, Oxyrhynchus adalah ibu kota nome ke-19 atau provinsi Mesir Hulu.

Dikenal karena papirus Oxyrhynchus, atau bahasa Yunani kuno, Latin, dan bahasa lain yang ditulis pada ratusan ribu papirus yang berasal dari abad ketiga SM hingga abad ketujuh M.

Dua makam yang baru ditemukan menambah sejarah ibukota Mesir kuno.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.