Elang Terbesar yang Pernah Hidup Ini Pilih Organ Mangsanya Dulu untuk Disantap

Kompas.com - 06/12/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi elang Haast. Elang Haast adalah elang terbesar yang pernah hidup di planet ini. Elang raksasa tersebut akan memakan organ mangsanya lebih dulu. Copyright Katrina Kenny via LIVE SCIENCEIlustrasi elang Haast. Elang Haast adalah elang terbesar yang pernah hidup di planet ini. Elang raksasa tersebut akan memakan organ mangsanya lebih dulu.


KOMPAS.com - Elang berukuran raksasa pernah hidup di Selandia Baru. Elang Haast ini memiliki berat mencapai 15 kilogram, cakar dengan panjang 9 sentimeter, serta lebar sayang memanjang hingga 3 meter.

Meski sudah punah, rupanya peneliti masih tertarik untuk mempelajari elang raksasa ini.

Pasalnya, para ilmuwan telah lama memperdebatkan apakah elang Haast (Hieraaetus moorei) ini adalah pemangsa seperti elang modern atau pemakan bangkai seperti burung pemakan bangkai.

Perdebatan tersebut muncul karena kaki dan cakarnya menyerupai elang. Hanya saja, fitur tengkoraknya, seperti burung pemakan bangkai, mengisyaratkan bahwa fiur disesuaikan untuk memakan hewan yang sudah mati.

Baca juga: 25 Juta Tahun Lalu, Elang Purba adalah Predator Puncak yang Suka Buru Koala

 

Mengutip Live Science, Minggu (5/12/2021), peneliti pun berusaha menjawab pertanyaan itu dengan menggunakan model dan simulasi digital untuk membandingkan elang Haast yang disebut terbesar yang pernah hidup, dengan elang modern, serta burung nasar yang masih hidup.

Peneliti memodelkan otot dan menganalisis lusinan penanda pada tulang untuk menentukan bagian kaki dan tengkorak mana yang bekerja paling keras saat elang berburu dan makan.

Analisis tengkorak dan cakar burung pun berhasil menunjukkan dengan tepat perilaku makan burung tersebut.

Hasilnya peneliti menemukan, selama perilaku tertentu seperti mencengkeram mangsa dengan kakinya, elang Haast mirip dengan elang lainnya.

Elang terbesar yang pernah hidup di Selandia Baru ini pun memiliki paruh yang berpotensi memberikan gigitan maut yang juga sangat mirip elang.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Berapa Berat Mangsa yang Bisa Dibawa Elang?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.