Kompas.com - 05/12/2021, 20:02 WIB
Kucing totol, kucing liar terkecil di dunia. Wikimedia CommonsKucing totol, kucing liar terkecil di dunia.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Kucing totol (Prionailurus rubiginosus) atau kucing rusty spotted merupakan kucing terkecil di dunia yang hanya dapat ditemukan di Sri Lanka dan India.

Penampakan pertama hewan mungil ini adalah di India Tengah, tepatnya di Suaka Margasatwa Nagzira, Maharashtra.

Spesies kucing totol juga ditemukan di Varushanad, Ghats barat. Mereka hidup di wilayah semi-kering, kering, tropis, dan hutan gugur.

Fakta-fakta kucing totol

Dilansir dari Animal Diversity, berikut adalah fakta-fakta kucing totol, kucing terkecil di dunia yang hanya ada di Asia.

1. Habitat kucing totol

Kucing totol menghuni wilayah hutan yang sebagian besarnya kering, namun dalam beberapa tahun terakhir, kelompok pengembangbiakan ditemukan di daerah pertanian yang dihuni manusia di Maharashtra, India.

Baca juga: 5 Kucing Liar Paling Kecil di Dunia

Bersama dengan spesies kucing lainnya di wilayah Asia, kucing totol mungkin dapat bertahan hidup di daerah pertanian karena populasi hewan pengerat yang besar.

Di India selatan, spesies ini ditemukan di kasau rumah yang ditinggalkan di daerah yang cukup jauh dari hutan.

2. Ciri fisik kucing totol

Bulu kucing totol penek dan berwarna abu-abu kecoklatan dengan semburat berkarat. Bagian bawah tenggorokannya berwarna putih dengan bintik dan garis yang gelap.

Bagian belakang dan samping ditutupi oleh bintik coklat berkarat. Ada empat garis gelap yang membentang dari atas mata, di antara telinga, hingga bahu.

Telapak kaki berwarna hitam dan ekornya sekitar setengah panjang kepala dan badan. Ukurannya sekitar setengah kucing domestik sehingga dinobatkan sebagai kucing terkecil di dunia.

Baca juga: 5 Ras Kucing Terbesar di Dunia

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.