Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2021, 20:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Kucing totol (Prionailurus rubiginosus) atau kucing rusty spotted merupakan kucing terkecil di dunia yang hanya dapat ditemukan di Sri Lanka dan India.

Penampakan pertama hewan mungil ini adalah di India Tengah, tepatnya di Suaka Margasatwa Nagzira, Maharashtra.

Spesies kucing totol juga ditemukan di Varushanad, Ghats barat. Mereka hidup di wilayah semi-kering, kering, tropis, dan hutan gugur.

Fakta-fakta kucing totol

Dilansir dari Animal Diversity, berikut adalah fakta-fakta kucing totol, kucing terkecil di dunia yang hanya ada di Asia.

1. Habitat kucing totol

Kucing totol menghuni wilayah hutan yang sebagian besarnya kering, namun dalam beberapa tahun terakhir, kelompok pengembangbiakan ditemukan di daerah pertanian yang dihuni manusia di Maharashtra, India.

Baca juga: 5 Kucing Liar Paling Kecil di Dunia

Bersama dengan spesies kucing lainnya di wilayah Asia, kucing totol mungkin dapat bertahan hidup di daerah pertanian karena populasi hewan pengerat yang besar.

Di India selatan, spesies ini ditemukan di kasau rumah yang ditinggalkan di daerah yang cukup jauh dari hutan.

2. Ciri fisik kucing totol

Bulu kucing totol penek dan berwarna abu-abu kecoklatan dengan semburat berkarat. Bagian bawah tenggorokannya berwarna putih dengan bintik dan garis yang gelap.

Bagian belakang dan samping ditutupi oleh bintik coklat berkarat. Ada empat garis gelap yang membentang dari atas mata, di antara telinga, hingga bahu.

Telapak kaki berwarna hitam dan ekornya sekitar setengah panjang kepala dan badan. Ukurannya sekitar setengah kucing domestik sehingga dinobatkan sebagai kucing terkecil di dunia.

Baca juga: 5 Ras Kucing Terbesar di Dunia

Betina dewasanya memiliki berat 1,4 kg, sedangkan jantan dewasa bisa mencapai 1,7 kg, meski pada 100 hari pertamanya, kucing jantan mengalami perkembangan yang lebih lambat.

3. Reproduksi kucing totol

Meski sistem perkawinan kucing totol belum dipelajari secara eksplisit, data yang tersedia dari kerabat dekat mereka, kucing macan tutul, menunjukkan bahwa spesies ini mungkin poligini.

Kucing totol kawin sepanjang tahun. Data menunjukkan, 50 persen anaknya lahir antara bulan Juli dan Oktober.

Di Sri Lanka, kucing totol betina biasanya melahirkan di pohon yang berlubang atau di bawah tebing batu.

Sebelum itu, aktivitas kawin berlangsung dari satu hingga 11 hari. Masa kehamilan betinanya berlangsung antara 67 hingga 71 hari.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com