Temuan Gen Umur Panjang pada Ikan Laut Dalam, Ini Manfaatnya

Kompas.com - 16/11/2021, 14:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Ikan rockfish yang hidup di Samudra Pasifik adalah spesies ikan penghuni laut dalam. Studi menemukan gen dalam ikan tersebut yang dapat membuat vertebrata ini mampu hidup hingga 200 tahun.

Namun apa rahasia panjang umur ikan laut dalam ini?

Hal itulah yang rupanya menarik perhatian peneliti untuk melakukan studi terhadap ikan karang tersebut.

Dan setelah melakukan serangkaian studi, peneliti akhirnya menemukan bahwa genom dari beberapa spesies rockfish ini dapat membantu menemukan obat untuk memperlambat kerusakan terkait usia pada tubuh manusia.

Mengutip Independent, Senin (15/11/2021) dalam studinya peneliti menganalisis sampel jaringan dan mengurutkan genom lengkap dari sekitar 88 spesies ikan rockfish untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang gen mereka.