Kompas.com - 16/11/2021, 09:01 WIB


KOMPAS.com - Studi mengungkapkan, spesies dinosaurus baru telah ditemukan beberapa dekade setelah tulang-tulangnya digali.

Para ilmuwan telah menamai reptil purba tersebut dengan Brightstoneus simmondsi. Spesies dinosaurus ini diyakini berasal dari periode kapur awal (Cretaceous), sekitar 125 juta tahun yang lalu.

Studi tersebut telah diterbitkan pada Rabu, 10 November lalu di Journal of Systematic Palaeontology.

Dilansir dari CNN, Kamis (11/11/2021) genus Brightstoneous dinamai Brightstone seperti sebuah kota Inggris yang dekat dengan lokasi penggalian. Sementara Simmondsi adalah bagian dari nama penemu spesimen dinosaurus ini, yaitu seorang kolektor amatir bernama Keith Simmonds.

Simmonds awalnya menemukan tulang-tulang itu pada tahun 1978 di Isle of Wight, sebuah pulau di lepas pantai selatan Inggris.

Baca juga: Spesies Dinosaurus Baru, Pemburu Fosil Inggris Temukan Tulang Sepupu T.rex

 

Kemudian spesimen spesies dinosaurus itu disimpan di Dinosaur Isle Museum di Sandown, Inggris hingga diteliti lebih dari 40 tahun kemudian untuk studi yang berbeda.

"(Temuan ini) sangat umum. Meskipun tidak lebih umum, akhir-akhir ini menemukan dinosaurus baru di ruang bawah tanah museum daripada di lapangan," kata penulis studi Jeremy Lockwood.

Lockwood merupakan seorang mahasiswa doktoral di London's Natural History Museum and University of Portsmouth di Inggris.

Pada saat menemukan spesimen itu, dia sedang melakukan penelitian tentang keanekaragaman dinosaurus iguanodontian pemakan tumbuhan, termasuk Iguanodon dan Mantellisaurus atherfieldensis, yaitu spesimen fosil dinosaurus paling umum yang ditemukan sejauh ini di pulau itu.

Penemuan spesies dinosaurus baru yang menakjubkan ini bisa disebut sebagai temuan yang tidak disengaja. Pasalnya, setelah memeriksa tulang dengan cermat, Lockwood menyadari bahwa dia memiliki spesies dinosaurus baru di tangannya.

Baca juga: Karnivora Ganas ini, Spesies Dinosaurus Baru dari Zaman Jurassic

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.