Orbit Planet di Sistem Planet yang Mirip Tata Surya Ini Paling Datar

Kompas.com - 29/10/2021, 20:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Sistem planet yang disebut mirip dengan Tata Surya kita, ditemukan berada jauh dari galaksi Bima Sakti. Dalam sebuah studi mengungkap fakta baru tentang orbit sistem planet TRAPPIST-1.

Planet-planet di Tata Surya kita semua mengorbit Matahari yang kurang lebih dalam satu bidang.

Jika dibandingkan dengan orbit Bumi, yang mendefinisikan bidang pada nol derajat, maka orbit planet dalam sistem planet Tata Surya dengan sudut terbesar adalah Merkurius dengan kemiringan 7 derajat.

Sedangkan orbit Pluto, si planet kerdil di Tata Surya, kemiringan orbitnya yakni 17,2 derajat, dilansir dari Phys, Kamis (28/10/2021).

Karakteristik orbit planet-planet berkembang seiring dengan menghilangnya piringan gas dan debu protoplanet, serta saat planet-planet muda bermigrasi dalam piringan orbit sebagai respons terhadap pengaruh grafvitasi timbal balik dan efek material dalam pirongan tersebut.

Oleh sebab itu, para astronom menyadari bahwa penampakan orbit sistem planet mencerminkan kisah evolusinya.