Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orbit Planet di Sistem Planet yang Mirip Tata Surya Ini Paling Datar

Kompas.com - 29/10/2021, 20:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Sistem planet yang disebut mirip dengan Tata Surya kita, ditemukan berada jauh dari galaksi Bima Sakti. Dalam sebuah studi mengungkap fakta baru tentang orbit sistem planet TRAPPIST-1.

Planet-planet di Tata Surya kita semua mengorbit Matahari yang kurang lebih dalam satu bidang.

Jika dibandingkan dengan orbit Bumi, yang mendefinisikan bidang pada nol derajat, maka orbit planet dalam sistem planet Tata Surya dengan sudut terbesar adalah Merkurius dengan kemiringan 7 derajat.

Sedangkan orbit Pluto, si planet kerdil di Tata Surya, kemiringan orbitnya yakni 17,2 derajat, dilansir dari Phys, Kamis (28/10/2021).

Karakteristik orbit planet-planet berkembang seiring dengan menghilangnya piringan gas dan debu protoplanet, serta saat planet-planet muda bermigrasi dalam piringan orbit sebagai respons terhadap pengaruh grafvitasi timbal balik dan efek material dalam pirongan tersebut.

Oleh sebab itu, para astronom menyadari bahwa penampakan orbit sistem planet mencerminkan kisah evolusinya.

Baca juga: Kabar Baik, Starman dan Mobil Tesla Sampai di Orbit Planet Mars

 

Sementara itu, pada sistem planet yang mirip Tata Surya bernama sistem TRAPPIST-1, memiliki orbit planet yang cukup unik.

Sistem TRAPPIST-1 adalah Tata Surya lain di alam semesta yang memiliki tujuh planet seukuran Bumi yang mengorbit pada bintang kecil yang hanya bermassa 0,09 massa matahari, sistem planet ini berlokasi sekitar 40.000 tahun cahaya dari Matahari.

Sistem planet mirip Tata Surya kita ini, pertama kali ditemukan atau terdeteksi teleskop TRAPPIST-1, yang kemudian dilanjutkan dengan pengamatan kamera IRAC di Spitzer dan misi K2.

Saat ini, pengamatan terhadap sistem planet ini telah menentukan massa planet dengan presisi antara 5-12 persen dan menyempurnakan sifat sistem lainnya.

Kemiringan orbit planet di sistem TRAPPIST-1

Namun, dalam pengamatan dan analisis terhadap sistem planet TRAPPIST-1 ini, para astronom, sejauh ini menemukan bahwa sistem tersebut telah memiliki orbit planet paling datar.

Kemiringan orbit planet-planet dalam sistem planet yang mirip dengan Tata Surya kita ini hanya 0,072 derajat.

Baca juga: Orbit Aneh Kuatkan Dugaan Ada Planet Kesembilan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com