Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Osteoporosis Berisiko Dialami Usia Muda, Ini Cara Mencegahnya

Kompas.com - 20/10/2021, 07:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Osteoporosis adalah penyakit yang mengakibatkan tulang menjadi rapuh, tipis, dan mudah patah. Kendati banyak dialami orang lanjut usia, namun ternyata osteoporosis juga bisa dialami usia muda.

Biasanya, osteoporosis terjadi karena pertambahan usia, serta dipercepat oleh kondisi khusus seperti kehamilan, maupun cedera.

Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia, dr Suci Sutinah mengatakan dalam market research yang dilakukan Buyer Consumer Health tahun 2020 lalu tentang wanita dan kesehatan tulang menemukan, rata-rata responden mengetahui kalsium dan vitamin D penting bagi kesehatan tulang.

Namun, pengetahuan mereka terkait langkah atau cara untuk meningkatkan kesehatan tulang masih minim.

Baca juga: Ketahui Gejala Osteoporosis, Faktor Risiko hingga Dampaknya

 

"Faktanya wanita Indonesia yang usia muda tidak pernah menganggap kalsium penting, dan tidak menganggap kesehatan tulang merupakan sesuatu yang relevan buat mereka. Biasanya menjadi relevan setelah mereka usia menginjak 30 tahun, saat mereka hamil atau menyusui," ungkap dr Suci dalam CDR virtual media briefing 'Prevent Osteoporosis in HER 30’s' pada Selasa, (19/10/2021).

Ia menambahkan bahwa sebanyak 40,6 persen perempuan di Indonesia berusia 20 hingga 29 tahun memiliki massa tulang yang rendah.

Hal ini meningkatkan risiko osteoporosis, dan patah tulang dalam jangka waktu 20 tahun ke depan saat memasuki usia menopause.

Tak hanya lansia dan orang usia muda saja yang berisiko mengalami osteoporosis, beberapa kelompok populasi yang berisiko tinggi terkena osteoporosis juga dapat terjadi pada ibu hamil dan menyusui, lansia, serta pada masa rehabilitasi tulang pasca-cedera.

Baca juga: Osteoporosis, Penyakit Tulang yang Bisa Buat Tulang Patah Tiba-Tiba

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com