Kompas.com - 20/10/2021, 07:02 WIB
Ilustrasi osteoporosis, pengeroposan tulang. Hilangnya massa tulang penderita osteoporosis terjadi secara berkelanjutan dan dalam jangka panjang. ShutterstockIlustrasi osteoporosis, pengeroposan tulang. Hilangnya massa tulang penderita osteoporosis terjadi secara berkelanjutan dan dalam jangka panjang.


KOMPAS.com - Osteoporosis adalah penyakit yang mengakibatkan tulang menjadi rapuh, tipis, dan mudah patah. Kendati banyak dialami orang lanjut usia, namun ternyata osteoporosis juga bisa dialami usia muda.

Biasanya, osteoporosis terjadi karena pertambahan usia, serta dipercepat oleh kondisi khusus seperti kehamilan, maupun cedera.

Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia, dr Suci Sutinah mengatakan dalam market research yang dilakukan Buyer Consumer Health tahun 2020 lalu tentang wanita dan kesehatan tulang menemukan, rata-rata responden mengetahui kalsium dan vitamin D penting bagi kesehatan tulang.

Namun, pengetahuan mereka terkait langkah atau cara untuk meningkatkan kesehatan tulang masih minim.

Baca juga: Ketahui Gejala Osteoporosis, Faktor Risiko hingga Dampaknya

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Faktanya wanita Indonesia yang usia muda tidak pernah menganggap kalsium penting, dan tidak menganggap kesehatan tulang merupakan sesuatu yang relevan buat mereka. Biasanya menjadi relevan setelah mereka usia menginjak 30 tahun, saat mereka hamil atau menyusui," ungkap dr Suci dalam CDR virtual media briefing 'Prevent Osteoporosis in HER 30’s' pada Selasa, (19/10/2021).

Ia menambahkan bahwa sebanyak 40,6 persen perempuan di Indonesia berusia 20 hingga 29 tahun memiliki massa tulang yang rendah.

Hal ini meningkatkan risiko osteoporosis, dan patah tulang dalam jangka waktu 20 tahun ke depan saat memasuki usia menopause.

Tak hanya lansia dan orang usia muda saja yang berisiko mengalami osteoporosis, beberapa kelompok populasi yang berisiko tinggi terkena osteoporosis juga dapat terjadi pada ibu hamil dan menyusui, lansia, serta pada masa rehabilitasi tulang pasca-cedera.

Baca juga: Osteoporosis, Penyakit Tulang yang Bisa Buat Tulang Patah Tiba-Tiba

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.