Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Kenapa Vaksin Zifivax Diberikan 3 Dosis? | Vaksin Malaria Pertama yang Direkomendasikan WHO

Kompas.com - 08/10/2021, 10:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan menerbitkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Zifivax, Kamis (7/10/2021). Ini adalah vaksin kesepuluh yang diizinkan BPOM.

Berbeda dengan vaksin sebelumnya, Zifivax diberikan tiga dosis atau tiga kali penyuntikan. Alasan diberikannya 3 dosis untuk vaksin Zifivax pun menjadi salah satu berita populer Sains.

Kemudian, vaksin malaria pertama di dunia yang direkomendasikan WHO juga menjadi berita populer lainnya.

Selain itu, fakta ular boa, salah satu ular terpanjang di dunia hingga temuan infeksi virus Yezo di Jepang juga menjadi berita yang banyak dibaca.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Kamis (7/10/2021) hingga Jumat (8/10/2021).

Kenapa vaksin Zifivax diberikan tiga dosis?

Untuk diketahui, vaksin ini diproduksi oleh Anhui Zifei Longcom Biopharmaceutical asal China dan dikembangkan di Indonesia bekerjasama dengan PT. Jakarta Biopharmaceutical Industry (JBio).

Dijelaskan oleh Direktur Utama PT JBio Mahendra Suhardono, vaksin Zifivax diberikan tiga dosis karena terkait hasil uji klinis yang dilakukan sebelumnya.

"Saat uji klinik fase II, sebenarnya kita menguji (vaksin Zifivax) di dua dosis dan tiga dosis," kata Mahendra.

"Dua dosis sebenarnya cukup untuk memberi perlindungan (terhadap virus corona SARS-CoV-2). Cuma, kami enggak cukup dengan hanya cukup. Jadi kami ingin (hasil) yang excellent, karenanya kami lanjutkan ke tiga dosis," sambungnya.

Selain hal tersebut, tim peneliti mengaku belajar dari vaksinasi untuk penyakit lain yang biasanya memberikan lebih dari dua dosis untuk perlindungan jangka panjang.

Dia memberi contoh seperti vaksinasi DPT, vaksinasi hepatitis B, dan vaksinasi polio yang biasanya diberikan tiga dosis.

"Kemudian dari penelitian juga dikatakan bahwa tubuh membutuhkan pembelajaran untuk memberi kekebalan yang sempurna," ungkap dia.

"Jadi mungkin saat diberikan dosis pertama antibodi hanya muncul sedikit, dosis kedua bertambah antibodinya, dan dosis ketiga lebih sempurna lagi."

Selengkapnya baca di sini:

Kenapa Vaksin Zifivax Diberikan 3 Dosis? Ini Penjelasan PT JBio

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com